nhk

MotoGP 2013 Austin; Lorenzo Makin Yakin Dengan M1-nya, Rossi Tidak Hadir Di Texas

 

 

ManiakMotor – Dalam jumpa pers wajib di Texas, Amerika yang diadakan panitia MotoGP setiap jelang balapan tanpa dihadiri Valentino Rossi. Acara menghadapi ronde 2 MotoGP 2013 di sirkuit Austin, 21 April 2013 itu, hanya ada Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Carl Crutchlow dan Ben Spies, mereka cuap-cuap di depan wartawan yang diadakan Kamis, 18 April waktu Amerika. Termasuk Dani Pedrosa yang juga tidak kelihatan batang hidungnya. Bisa saja mereka tertahan dalam perjalanan. Itu hanya bisa saja.

Pada ajang cuap-cuap itu Lorenzo kembali menyinggung soal hasil test yang mereka lakukan awal Maret lalu di Austin dan keadaan sekarang. Katanya, hasil di Qatar buktikan sebenarnya performa Yamaha M1. “Tapi lupakan Qatar, sekarang menghadapi Austin. Ini sirkuit yang tersulit pernah saya jumpai dalam karir. Tetapi saya memliki M1  akan sama baiknya di Austin dengan hasil yang diperoleh di Qatar,” jelas Lorenzo. Bah yakin kali tuh.

Teknikalnya sirkuit telah dijelaskan berkali-kali dalam pengatar jelang Austin. Ini sirkuit menggabungkan stop and go dan sekaligus top speed. Perubahan  arah motor variatif dan perubahan laju motor juga drastis dari cepat ke pelan dan dari pelan ke cepat. Austin ada trek lurus 1.200 meter dan ada 20 tikungan, arah balapannya anti-clockwise atau berlawanan arah jarum jam. Komplit…

Saat test  pra musim yang hanya diikuti lima pembalap di Austin awal Maret lalu, Lorenzo memang ‘kurang’ semangat. Alasannya saat itu, bila diterjemahkan bebas, bahwa percuma cari waktu dan set-up mati-matian karena tidak didukung grip ban terhadap trek Austin. Selain kotor, kontestan yang ikut latihan sedikit. Racing line tidak segera dibersihkan motor kontestan. Saking sedikitnya peserta latihan, ban yang terkelupas dan menempel di racing line juga kurang. Padahal bekas kompon itu bagian dari grip itu sendiri.

Karena itu, Yamaha Factory Racing (YFR) buru-buru cabut. Saat itu portal ini curiga, bahwa ada  yang aneh YFR pamit lebih dulu. Belakangan ketahuan mereka buru-buru untuk memodifikasi salah satu suku cadang. Onderdil itu ternyata berhasil saat dicoba di Jerez dan saat masuk Qatar, Lorenzo dan Rossi sesumbar akan dapat hasil yang baik di Losail. Terbukti memang. “Termasuk di Austin seharusnya akan beda dengan hasil test. Dengan test itu, tim punya data. Itu yakinnya,” jelas Lorenzo.

Tapi jangan ninggalin musuh jauh-jauh bro, supaya enak ditonton. Eh, ngomong-nomong Rossi ada apa ya, kok nggak muncul.  Ito

BERITA TERKAIT:

MotoGP 2013 Austin: Usai Kebakaran, Muncul Isu Asap Beracun Di Texas

MotoGP Austin 2013; Paddock Yamaha Tech 3 Terbakar, Elektronik M1 Rossi Kena Dampaknya Di Texas

MotoGP 2013 Menuju Austin; Ada Yang Aneh Pada Valentino Rossi Dan Lorenzo Di Texas Americas

MotoGP 2013 Menuju Amerika: Beban Mental Pedrosa, Dikeroyok Kawan dan Lawan

MotoGP 2013 Menuju Amerika: Rossi Buru Barros, Lorenzo Incar Jagoan Texas, Wussss….

 


 

  

BAGIKAN