nhk

MotoGP 2013 Austin Menuju FP3; Rossi Mulai Ubah Omongan, M1 Beda Dengan Di Qatar

 

Maniak Motor – Usai seri di Qatar, Valentino Rossi  cuap-cuap motornya sanggup membalap di mana saja, kini berbeda (sementara). Dua Free Practice yang berlangsung 19 April di sirkuit Austin, Texas, Rossi mulai ubah omongan. Bahwa Yamaha M1 kalah telak dari dua FP itu, kerena situasi tekniks performa motor lain dengan Qatar. Tapi belum menyinggung efek tersiram air soal perangkat elektronik di  kubu Yamaha Factory Racing paska kebakaran paddock Yamaha Tech 3.    

Karena amburadul jalurnya masuk tikungan, efeknya seperti krambol, ke mana-mana. Semua lintasan menuju trek sedang dan sangat cepat, M1 Rossi nggak bisa menyentuh top speed dengan segera. Hasilnya lambat. Rossi terpaksa memelankan motor lebih dulu di mulut tikungan dan saat berakselerasi juga hati-hati. “Gripnya sangat kurang. Sepertinya ini berbeda dengan yang kami lalukan di Qatar,” jelas Rossi dengan sedikit memelas. Ingat ya, dia baru bilang ‘serpertinya’. Berarti sama juga dengan tulisan jelang Austin, Rossi fokus pada akselerasi. Tapi mau pakai model akselerasi apa pun akan sulit, jika ban kurang lengket.

Bayangkan saja Rossi ketinggalan nyaris 1.8 detik dari Marc Marquez (Repsol Honda Team) yang tercepat di FP2. Jarak begitu sama dengan ia mengendara Ducati tahun lalu. Di FP2 Rossi hanya ke-5, persis dengan hasil yang ia peroleh saat latihan pra musim di Austin. Bedanya, teman setimnya Jorge Lorenzo ke-4. Pokoknya 1-3 Honda dan lima besar di FP2 mereka yang melakukan latihan pra musim itu, termasuk Stefan Bradl yang ke-3 di FP2.

Bisa saja keadaan diperburuk perangkat elektronik YFR yang kuyub dan kotor oleh bubuk putih pemadam kebakaran, Kamis (18/4). Maklum yang tersiram server, penyimpan data semua set-up M1. Memang YFR belum memberi komentar apa-apa soal ketinggalan jauh dari Honda. “Menuju sesi FP3 dan kualifikasi, tim harus segera memperbaiki grip. Harus bisa mendekati defisit dengan Honda,” perintah Rossi yang sempat tertahan di salah satu bandara di Amerika karena pengamanan ketat akibat bom Boston.

Sesi ini memang masih dalam FP alias latihan bebas. Tetapi sebenarnya, kecepatan motor sudah bisa diukur dari sini, bahkan sejak  FP1. Jika selisihnya besar, berarti ada apa-apa dengan masalah teknis yang besar pula harus segera diatasi. Itu dari segi pacuan dan pembalapnya, seperti kata Rossi tadi. Dari dua FP, M1 kalah pada 4 sektor Austin. Bukan hanya keok di trek lurus, tapi kekelahan dalam dua FP itu telah dimulai sejak menikung pada 20 pengkolan sirkuit di kampung koboi itu. Ito

BERITA TERKAIT

Hasil MotoGP 2013 Austin, Texas, Amerika, Semua Sesi, 19 – 21 April 2013

MotoGP 2013 Austin Menuju FP3-Q2; Semua Teriak Grip, Ini dia Jawabannya..!

MotoGP 2013 Austin Menuju FP3; Jorge Lorenzo, Grip Depan Dan Belakang M1 Masalah Di Texas

MotoGP Austin 2013 FP2; Marquez Lagi, Tiga Honda Di Depan, Rossi Masih Keteter Di Texas

MotoGP 2013 Austin, Texas: FP1 Rossi Masih Cari Keringat, Marquez ‘Nekad’ Duluan

MotoGP 2013 Austin: Ternyata Memang Ada ‘Musibah’ Dengan Rossi

MotoGP 2013 Austin; Marc Marquez Memperdalam Jalur Sendiri Di Texas

BAGIKAN