nhk

MotoGP 2013 Austin: Penghormatan Buat Kato dan Korban Ledakan AS

ManiakMotor – Sabtu (20/4) ini tepat 10 tahun meninggalnya Daijiro Kato, salah seorang rider Jepang yang menonjol di ajang balap motor dunia.

Kato mengalami kecelakaan fatal pada MotoGP Jepang 9 April 2003 di Sirkuit Suzuka. Kala itu ia memperkuat tim Gresini Honda  MotoGP dan setim dengan Sete Gibernau. Ia dan Honda RC211V-nya terlempar ke dinding trek dalam kecepatan 200 km/jam. Setelah membentur dinding, tubuhnya mental kembali ke sisi lintasan. Kepala dan beberapa bagian tubuhnya cedera.

Kasus ini menjadi sangat kontroversi lantaran lomba tak dihentikan saat itu untuk memberikan pertolongan pertama. Marshall justru langsung menandu Kato dan membawanya pergi.

Setelah koma sepanjang 11 hari, Kato yang juara dunia GP 250 musim 2001 itu pun pergi untuk selamanya. Buntutnya, sejak itu Suzuka tak lagi menggelar MotoGP dan pindah ke Motegi. Nomor start 74 milik Kato pun dipensiunkan. Dan, regulasi soal safety dan prosedurnya pun semakin ditingkatkan.

“Kini setelah 10 tahun, nomor 74 kembali diluncurkan dan di Austin ini akn menempel di seluruh motor pembalap Gresini baik di kelas Moto3, Moto2, maupun MotoGP. Ini penghormatan buat Kato yang senyum khasnya takkan terlupakan orang-orang yang dekat dengannya,” ujar team owner Fausto Gresini di sela-sela kesibukan di GP Amerika, Texas.

Sementara itu penyelenggara GP Amerika akan menambah satu sesi acara sebelum race Minggu 921/4). Seluruh pembalap, ofisial, dan penonton akan mengheningkan cipta buat para korban bom Boston dan ledakan di pabrik pupuk Waco, Texas, yang bikin heboh itu. Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP 2013 Austin, Texas, Amerika, Semua Sesi, 19 – 21 April 2013

MotoGP 2013 Austin (Jelang FP3): Marquez Sudah Mengarah Jadi Juara

MotoGP 2013 Austin Menuju FP3-Q2; Semua Teriak Grip, Ini dia Jawabannya..!

MotoGP 2013 Austin Menuju FP3; Jorge Lorenzo, Grip Depan Dan Belakang M1 Masalah Di Texas

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353