nhk

MotoGP 2013 Austin (Q2); Saktinya SSG RC213V Marquez-Pedrosa Di Texas

 


ManiakMotor – Dari 12 motor di dalam sirkuit Austin yang melaksanakan Qualifying 2, paling ‘tenang’ dan berwibawa dua Honda RC213V milik Repsol Honda Team yang dipacu Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Itu motor tanpa ada jeda sama sekali melakukan akselerasi. Bila aksi itui dilakukan menuju trek lurus, mungkin hal biasa. Tetapi ini  sembari menikung, bro. Pantas saja, Marquez memenangi Q2 yang didampingi Pedrosa. Dua-duanya mencetak 2 menit 3 detik koma kecil  di sesi yang diadakan 20 April siang di Amerika dan di sini sudah subuh.

Itulah saktinya teknnologi SSG (Seamless Shift Gearbox) yang kerap diributkan. Baru di sirkuit seperti cacing kepanasan ini, peranti tersebut begitu sangat kentara fungsinya. Saat deselerasi sampai ke gigi satu,  SSG bisa mendukung kinerja suspensi tetap stabil. Maksudnya, dengan reduksi yang turun teratur dan halus, sokbreker depan tidak terganggu aktivitasnya.

Sebaliknya juga berakselerasi dengan naiknya kecepatan seperti dicicil, suspensi belakang berjalan normal. Bahkan sesekali gas dibetot tiba-tiba oleh Marquez, tanpa ada gejala wheelie atau roda terangkat. Malah  pengaruhnya sampai  moncong motor yang lebih cepat menengok ke arah tikungan yang saling cacing itu.

Terutama di Austin ini, RC213V sangat nurut dan otomatis ngikut dengan maunya Marquez dan  Pedrosa pada 20 tikungan. Jauh berbeda dengan M1 milik Rossi yang sering kali hampir terpeleset. Bahkan dengan M1 Lorenzo sekalipun yang kelihatan ‘keriting’ saat masuk tikungan, terutama dari trek lurus yang panjang sekali dari top gear diumpang sampai  ke gigi 1.

Sebenarnya duet Yamaha Factory Racing sudah mulai gentar sejak FP2. Itu sesuai omongan Rossi dan Lorenzo yang sering menyebut-nyebut kemampuan Honda dan Marquez, tapi belum menyebut Pedrosa. “Saya rasa Honda berhasil meningkatkan motor mereka di Austin ini sejak latihan tempo hari,” jelas Lorenzo.

Juga itu bedanya Austin dengan Losail. Di Losail, tikungannya mengalir, sedang Austin seperti stop and go dan kebanyakan menikung dengan kecepatan rendah yang sebenarnya butuh motor yang halus berlari. Di area inilah saktinya SSG.

Diamati dari Q2 ini, sungguh berat rupanya Yamaha melawan Honda khusus di Austin dalam race day. Ito  

BERITA TERKAIT

Hasil MotoGP 2013 Austin, Texas, Amerika, Semua Sesi, 19 – 21 April 2013

MotoGP 2013 Austin Menuju FP3; Jorge Lorenzo, Grip Depan Dan Belakang M1 Masalah Di Texas

MotoGP 2013 Austin (Q2): Pole Position Perdana Marquez, Rossi Grid Ke-8

MotoGP 2013 Austin (FP4): Sesi Ecek-Ecek Pun Disikat Marquez, Pertajam Waktu

Austin MotoGP 2013 FP3; Grip Meningkat, Pedrosa Oke, Rossi Cukup Dapat Poin

BAGIKAN