nhk

MotoGP 2013 Austin (Race): Marquez Tak Punya Rencana, Pedrosa Tak PunyaTaktik

ManiakMotorDengan senyum khasnya, Marc Marquez tetap saja merendah usai menjadi pembalap termuda pemenang MotoGP sepanjang sejarah. Itu dilakukan di ronde 2 MotoGP 2013 di sirkuit Austin, Texas, 21 April di Amerika.

Posisi yang kini diperoleh, katanya, bukanlah sesuatu yang ia rencanakan sejak awal. Ia hanya menjalani dan kaget sendiri dengan hasilnya. “Sam sekali tak terpikir sebelumnya. Podium ketiga di Qatar rasanya seperti mimpi. Sekarang dapatkan kemenangan dalam penampilan kedua, tentu saja lebih bagus. Saya harus berterima kasih kepada seluruh awak tim. Tanpa mereka semua ini takkan terjadi,” katanya dalam wawancara khusus seusai balapan.

Ia akui sangat berat meraih kemenangan itu. Sangat menguras tenaga, khususnya saat melibas tikungan macam R1. Ia pun akui pacuannya sebenarnya tak sebagus pada sesi QTT. “Ada problem di roda depan, problem yang sebelumnya tak pernah saya alami.  Meski begitu, saya mampu menjaga irama. Laju motor sesungguhnya tak terlalu cepat, tapi cukup,” tambah Marquez yang pakai ban belakang berkompon keras, sementara teammate-nya pakai soft tyre. Hanya saja, belum diketahui pasti, apakah penggunaan jenis ban beda ini yang bikin keduanya pun dapat hasil berbeda.

Pedrosa pun akui punya masalah sepanjang balapan. Bukan teknis di RC213V tapi rasa sakit di lengan kirinya. Di beberapa belokan ke kiri yang jumlahnya lebih banyak di Austin (11 dari 20 tikungan), ia tak bisa semaksimal sebelumnya. “Tapi, sungguh, saya benar-benar puas dengan performa motor hari ini. Finish sebagai runner up pun menyenangkan. Saya hanya perlu berusaha lebih baik lagi dan makin baik di balapan berikutnya,” kata Pedrosa yang sementara ini menghuni peringkat 3 klasemen dengan poin 33

Kalau Marquez mengaku tak punya rencana meraih kemenangan ini, Pedrosa justru mengaku tak punya taktik apa pun untuk menghadapi rekan mudanya itu. “Tak ada taktik khusus, selain berusaha tampil secepat mungkin sepanjang balapan. Tapi, Marc memang luar biasa. Ia mengawali musim ini dengan istimewa. Selamat buatnya,” tambah Pedrosa yang usai mencapai finish langsung nyelonong saja menuju pit.

Pujian sama datang dari Lorenzo, pembalap senegara Marquez maupun Pedrosa. “Selamat buat Marc, ia tampil fenomenal dan jadi pemenang termuda dalam sejarah. Kami sebenarnya sudah temukan resep baru saat warm up untuk melaju lebih cepat. Tapi, ternyata tak cukup untuk mngejar mereka. Jadi, posisi ketiga adalah hasil maksimal yang bisa kami dapatkan dan itu pun cukup menggembirakan. Trek ini mungkin paling buruk buat kami,” cetus Lorenzo sang juara dunia 2012 yang gaet podium ke-100-nya di Austin.

Berarti, siap balas di trek berikutnya dong! Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP 2013 Austin, Texas, Amerika, Semua Sesi, 19 – 21 April 2013

MotoGP 2013 Austin (Race): YZR-M1 Tunggu RC213V di Jerez Beberapa Hari Lagi

MotoGP 2013 Austin (Race): Fantastis Marquez!

MotoGP 2013 Austin (Race); Marquez Juara Pakai Teknik Moto2, Tiga Spanyol Di Podium Texas

 

BAGIKAN