nhk

MotoGP 2013 Austin (Race); Rossi Soal Rem, Lorenzo Tidak Keburu Ganti Rasio

 

 

ManiakMotor – Menurut Jorge Lorenzo, bila mekanik Yamaha Factory Racing punya waktu membongkar girboks, mungkin hasilnya beda saat race-day MotoGP di sirkuit Austin, Texas, Amerika (21/4). Sedang Valentino Rossi,  pasrah berada di posisi ke-6 dengan melempar alasan rem dan getaran.  Belum lempar handuk, becanda.

Lorenzo bisa saja benar. Sebab dengan penemuan ‘sesuatu’ mengumpan ke gigi dua,  di sesi warm-up ia dan M1 lebih nyaman dan otomatis cepat di tikungan tusuk konde. Juga stabil di tikungan lambat. Gap-nya per lap dalam balapan sendiri-sendiri, digesernya lebih sempit dari Honda RC213V Dani Pedrosa dan Marc Marquez from Repsol Honda. “Tapi posisi tiga cukuplah, bila dilihat dari hasil data sesi-sesi FP sampai qualifying 2,” jelas Lorenzo.

Kian benar lagi sesumbarnya – kendati sudah kalah – pada konsistensinya dalam lomba. Jika duet Honda berlari 2 menit 4 detik sepanjang balapan, Lorenzo bisa memperolehnya. Selisihnya hanya beda koma dan kadang lebih cepat Lorenzo. Di akhir-akhir lap buntut Marquez dan Pedrosa didekati. Pokoknya keadaanya jauh berbeda saat free practice dan Q2 yang diasapi hampir 1 detik.  

Perbedaan koma itu, katanya bisa didekati bila reduksinya pas dari pengaturan close ratio yang di Indonesia disebut gigi rasio. Gigi racing yang cemerlang dan mengilap, nggak pake pasta dan cukup pakai oli racing itu, hitungannya tak sempat dibenahi. Saat itu pasukan YFR tak punya waktu usai warm-up. Ditengarai di situlah kunci akselerasi yang halus dan cepat. 

Sayang, urusannya tidak semudah disebut, karena harus bongkar dan mengurai isi girboks. Ya, isinya susunan gigi rasio itu. Saya ingin mengucapkan selamat pada Carl Crutchlow karena dia berjuang sampai akhir. Juga pada Marc yang fantastis,” ucap Lorenzo. Lho malah Crutchlow? Gawat nih, teman setim alias Rossi nggak dikasih selamat. 

Sudah dibilang sebelumnya, hanya mujizat yang bisa membawa Rossi ke podium dan ke-4 di Austin. Kendati doski berjuang habis-habisan sampai habis benaran. Dari wajahnya, ia sungguh kelelahan di sirkuit yang  aktraktif itu. Juga sudah dijelaskan, selain YFR kelamaan mendapati set-up, ini sirkuitnya ABG. Coba baca ini; MotoGP 2013 Austin Texas; Sirkuit Penguras Stamina, Ujian Usia Rossi Di American..? “Austin trek yang sangat sulit. Belum lagi saya diganggu getaran dan rem,” jelas Rossi yang ngos-ngosan bicara dan puas ke-6, kalah dari dua pembalap satelit yang dipuji Lorenzo tadi. Satunya lagi dari Honda, Stefan Bradl.

Jauh saat Rossi sakses latihan pramusim di Jerez, Spanyol, bahwa Austin memang akan dilepas YFR. Mereka akan kembali mencegat di Jerez dan sirkuit-sikuit Eropa. Tetapi, Honda juga tidak tinggal diam, bro. Pasti mereka juga pasang strategi yang sama. Berarti masih rame dong. Iya, kalau sepi, portal ini ikut manyun. Ito

BERITA TERKAIT

Hasil MotoGP 2013 Austin, Texas, Amerika, Semua Sesi, 19 – 21 April 2013

MotoGP 2013 Austin (Race): Marquez Tak Punya Rencana, Pedrosa Tak PunyaTaktik

MotoGP 2013 Austin (Race); Marquez Juara Pakai Teknik Moto2, Tiga Spanyol Di Podium Texas

MotoGP 2013 Austin Menuju Race; Rossi Diasapi 2 Detik Dari Marquez, Hanya Mujizat Ia Podium Di Texas

MotoGP 2013 Austin (Q2); Saktinya SSG RC213V Marquez-Pedrosa Di Texas


BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353