nhk

MotoGP 2013: Austin Siap Dijajal, Janjikan Nuansa Baru di R1

ManiakMotor – Franco Uncini lakukan debutnya selaku Grand Prix Safety Officer FIM dengan memberikan pengesahan dan kesiapan Sirkuit Austin, Texas, AS. Terutama disahkan untuk tes tim Yamaha dan Honda pekan depan. Di Indonesia kira-kira sama dengan survei dari PP IMI layak tidaknya sirkuit. Tetapi yang namanya sirkuit permanen, tidak ada yang harus mendatangkan pagar BRC.

Seperti Ucini, tak banyak mengutak-atik Austin, misalnya trek lurusnya bengkok, atau tikungannya lurus. Ah, memang sudah begitu kan, walau terbalik? Makanya hanya kerb di sejumlah tikungan yang ia minta direnovasi karena cocoknya buat balap mobil dan tidak cocok untuk MotoGP. Kerb adalah pembatas bibir tikungan yang biasanya dicat warna-warni sesuai bendera negara asal sirkuit. Ker ini untuk motor bertingkat lebih halus untuk menahan laju motor keluar racing line. Sedang mobil lebih gasar ‘geriginya’.

Selebihnya bro dari Italia itu lebih banyak memuji fasilitas modern yang melengkapi sirkuit yang dibangun tahun lalu itu. Tahun ini, ya baru MotoGP yang tampil di situ. “Saya perkirakan balapan akan lebih atraktif di sini, banyak tempat untuk saling susul, bahkan di tikungan sekalipun,” katanya.

Halah, komentar Uncini basi nih. Itu semua sudah dikomentari pembalap F1 tahun lalu saat Fernando Alonso dan kawan-kawan balapan di sana. Bukan cuma pembalapnya yang asyik-masyuk menikmati aspal mulus, lintasan selebar 15 meter, dan 20 tikungan beragam karakter yang mengitari trek sepanjang 5,513 km itu. Para penonton pun menikmatinya, terlebih di trek lurus sepanjang 1,2 km dan terlebih lagi di tikungan pertama atau R1 selepas garis start. Ini satu-satunya model tikungan sedunia dan jadi khas Texas, karena treknya menanjak panjang dan tiba-tiba belok kiri. Ya, seperti foto di atas itu Bro! Sungguh menggoda itu tekongan.

Kawan-kawan kita yang bernama Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, dan Marc Marquez pun sudah tak sabar menjajal tikungan itu. Mereka akan bikin tes khusus sekaligus memerawani Mbak Austin (lho Austin bukannya laki?) pada 12-14 Maret. Oh iya, belakangan Stefan Bradl (LCR Honda) juga ikutan gabung ke sana. Austin sendiri akan menghelat seri kedua MotoGP pada 19-21 April. Ke sana yuk! Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013: Masih Kurang Kencang, Marquez Ingin Maksimalkan Tes Austin dan Jerez

MotoGP 2013: Jelang Duel RC213V vs YZR-M1 di Texas, Sama-Sama Bermasalah, Rossi Dibekali 2 Motor Baru

MotoGP 2013:Rossi Butuh 110%, Pastikan Rivalitas Sengit

MotoGP 2013: Lorenzo – Rossi Tunggu-Tunggu Girboks SSG

MotoGP 2013: Rossi Pertajam Rekor, Lorenzo Butuh 4-5 Tahun Untuk Menyamai

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353