nhk

MotoGP 2013 Austin: Usai Kebakaran, Muncul Isu Asap Beracun Di Texas

ManiakMotor – Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo dipastikan bisa ikut bertarung di trek Austin, Texas. Tapi, bagaimana performa pacuan mereka masih tanda tanya.

Kebakaran yang terjadi di garasi nomor 4 milik tim Monster Yamaha Tech3 memang hanya merusak failitas teknis untuk pacuan Cal Crutchlow dan Bradley Smith. Motor kedua rider Inggris itu memang tak sempat dijilat api, tapi berbagai komponen pendukung rusak dan berantakan dihajar api maupun semprotan air dan serbuk pemadam.

Dampak serupa dirasakan kubu Yamaha Factory Racing yang berada di sebalah. Enam unit YZR-M1 buat duet maut Lorenzo-Rossi memang aman dan bisa digunakan. Tapi, kinerja ‘otaknya’  masih dipertanyakan.  Pasalnya, sejumlah computer berikut servernya plus plus sarana monitor televisi dan data ikut rusak tersiram air. Satu per satu peralatan yang menyimpan semua data setingan M1 itu harus diperiksa dan diinstal ulang sampai detil sekecil-kecilnya.

“Itu sebuah isu, isu besar. Yang bisa kami lakukan saat ini adalah mengeringkan semua peralatan yang basah dan menjaganya agar tak berkarat di kemudian hari,” tutur manajer tim Yamaha Lin Jarvis yang bersama krunya terpaksa membuang waktu dan tenaga ekstra untuk urusan itu.

Itu belum selesai, muncul isu lain atau tepatnya kekhawatiran. Bukan lagi soal ledakan bom di Boston, tapi ledakan besar yang terjadi di sebuah pabrik pupuk raksasa yang juga menimbulkan kebakaran besar dan asap raksasa di Waco yang berjarak 160 km dari sirkuit. Pasalnya, asap yang beglung-gulung itu ditengarai beracun dan bisa saja dibawa angin menuju Austin.

Pihak COTA selaku penyelenggara hanya bisa berharap hal itu tak terjadi. Pasaca ledakan bom di Boston, mereka memang bisa dan langsung meningkatkan pengamanan. Tapi, untuk menghalangi arah angin dari Woca ke Austin, siapa yang bisa. Andro

Berita Terkait

MotoGP Austin 2013; Paddock Yamaha Tech 3 Terbakar, Elektronik M1 Rossi Kena Dampaknya Di Texas

MotoGP 2013 Austin Amerika: 5 Pembalap Amrik, Tarung Sesama Ayam

MotoGP 2013 Menuju Amerika: Beban Mental Pedrosa, Dikeroyok Kawan dan Lawan

MotoGP 2013 Menuju Amerika: Rossi Buru Barros, Lorenzo Incar Jagoan Texas, Wussss….

 

BAGIKAN