nhk

MotoGP 2013 Brno Ceko (Jelang Race): Bautista Tak Berani Target Podium

ManiakMotor – Ukuran teknis tak selalu bisa jadi patokan pada balapan sekelas MotoGP sekalipun. Buktinya Alvaro Bautista, siapa sangka bisa start nomor dua di GP Brno, Minggu (25/8) ini?

Dibandingkan tim pabrikan Honda dan Yamaha, Bautista sama sekali tak wangi. Sebagai awak tim satelit GO&Fun Gresini Honda, pacuan RC213V-nya selalu kalah tarung. Tapi, jelas bukan kebetulan kalau ia bisa catatkan waktu 1:55,754 saat Q2. Itu hanya selisih 0,227 detik dari rekor baru fastest lap Brno yang baru saja dipertajam Cal Crutchlow yang juga pembalap tim satelit Yamaha, Monster Tech3.

Bahkan catatan Bautista tersebut yang pertama mematahkan rekor best lap Brno atas nama Jorge Lorenzo from Yamaha Factory Racing tahun lalu. Saat itu Lorenzo bikin 1 menit 55.799 detik. Berarti kapasitas motor dan seorang Bautista, bolehlah kasih jempol kali ini.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Bautista happy dengan pencapaian itu, start di front row gitu lho! Tapi, ia sadar betul akan sangat tak mudah nanti di balapan. Seperti sesi-sesi sebelumnya, 8 pembalap hampir sama cepat dengan konsistensinya. Ke-8-nya hanya dipisahkan jarak di bawah sedetik, alias nol koma sekian. Jaminanya tentu motor yang tenang untuk diajak bertarung jarak jauh yang memang kurang dimiliki motor tim satelit.

Wajar kalau doski tak berani ‘membacot’ untuk bidik podium di antara nama-nama besar tim Honda dan Yamaha. “Di benak saya hanya lakukan start dengan baik dan bertahan di depan selama yang bisa dilakukan,” katanya.

Jadi, pertanyaannya bukan mampukah ia naik podium, tapi berapa laps anak Spanyol ini akan bertahan dari serangan? Dan, tak kalah penting, asal jangan nyeruduk-nyeruduk lagi Bro! Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Brno Ceko 2013, Semua Sesi & Kelas, 23 – 25 Agustus

MotoGP 2013 Brno (Jelang Race): Kado Khusus Crutchlow Sebelum Ganti Baju

MotoGP 2013 Brno Ceko (Q2); Tegangnya Kualifikasi, Rekor 2 Kali Tumbang

MotoGP 2013 Brno Ceko (Q2): Tiga Bernyali Tinggi di Baris Depan, Kalahkan Pabrikan

BAGIKAN