nhk

MotoGP 2013 Brno Ceko (Jelang Race): Rossi Merasa Bisa Menang


ManiakMotor – Brno salah satu sirkuit favorit Valentino Rossi. Ia hafal betul lokasi-lokasi ideal untuk menyalip dan sudah siapkan strategi dalam race. Ia pun merasa bisa menang meski start dari urutan tujuh. Mantap ini sesumbar pembalap terkanal di dan terkaya dunia dari jok motor.

The Doctor yang memang selalu omong apa adanya mengungkapkan hal itu jelang raceday Minggu (25/8) ini. Ia berdalih hasil start ke-7 sesi Q2 adalah ‘kecelakaan kecil’ akibat akurasi setingan semata. Bukan karena M1-nya tak kompetitif secara teknis. Buktinya, ia tampil apik di sesi latihan dan bisa meningkatkan lap time di sesi Q2.

Di semua sesi, 8 pembalap terdepan bisa dikatakan punya kekuatan merata dan hanya dipisahkan jarak di bawah satu detik. Di partial time atau gabungan kecepatan semua sektor Rossi ke-4 dan tipis dari 1-3. “Sangat terbuka kesempatan saya memenangi lomba. Sangat banyak lokasi untuk menyalip di Brno dan motor saya punya pace bagus untuk balapan,” ujar The Doctor yang awal Agustus lalu sudah lakukan tes dan simulasi balap di Brno.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Ia merasa keberadaan Cal Crutchlow dan Alvaro Bautista di baris depan membuat jarak di antara pembalap-pembalap unggulan tak terlalu jauh, khususnya antara Marc Marquez (Honda) dengan Jorge Lorenzo selaku rekan setimnya di Yamaha. Sangat mungkin langsung terjadi pergeseran posisi pada lap awal. “Lap pertama penting dan saya yakin bisa lakukan start dengan baik,” tegas Rossi yang meraih gelar perdana 125cc-nya di Brno pada 1996.

Semasa jayanya, sering sekali The Doctor start dari tengah bahkan belakang, namun di akhir balapan bisa jadi pemenang atau setidaknya podium. Namun, seiring dengan meningkatnya umur, hal itu kini jarang terjadi. Terakhir terjadi di GP Qatar medio April lalu. Ia start dari urutan 7 namun finish sebagai runner-up di belakang Lorenzo.

Pengalaman dan pengenalan medan yang sangat baik plus kualitas pacuan yang seimbang, kini jadi bekal mengulang hal sama di Brno. Agar mantap lakukan start, Rossi akan jalankan tradisi dan ritualnya saat balap Moto3 berlangsung. Ia akan berada di garis start seperti selalu ia lakukan dan mencermati  perpindahan waktu dari lampu merah ke hijau. Pengamatan itu akan membantu feeling dan refleknya saat start MotoGP.

Buat MotgGPmania sedunia, keyakinan Rossi itu tentu hal yang sangat layak dinanti pembuktiannya. Yang bukan penggemarnya, ya baca ajalah. Rossi gitu loh, belum ada tanding soal rekor dan popularistas. Nggak menang pun ia sudah menolong MotoGP untuk ditungu sebagai sesumbarnya, termasuk sampeyan.  Andro

 

Berita Terkait

Hasil MotoGP Brno Ceko 2013, Semua Sesi & Kelas, 23 – 25 Agustus

MotoGP 2013 Brno Ceko Jelang Race: Tetap Imbang MM, JL, PD, VR46, Satelit Crutchlow

MotoGP 2013 Brno (Jelang Race): Paket Kering – Basah Buat Lorenzo – Rossi

MotoGP 2013 Brno (Jelang Race): Marquez Yakin Bisa Menang, Pedrosa Siap Segala Kondisi

BAGIKAN