nhk

MotoGP 2013 Brno Ceko Jelang Race: Tetap Imbang MM, JL, PD, VR46, Satelit Crutchlow

 

ManiakMotor – Sirkuit Brno adalah sirkut menengah, cepat nggak, pelan pun tidak. Ya, tetap kencang bangat untuk ukuran MotoGP, bila dibandingkan balap motor jenis lain di dunia, apalagi bebek. Lebih cepat dari Indy, tapi lebih pelan dari Mugello, misalnya. Makanya M1 dan RC213V berimbang terus sepanjang sesi latihan bebas. Qualifying 2 juga sudah dihitung yang tetap imbang  1 – 2 Yamaha dan Honda dari tim satelit.

Imbang ini sudah diramal. Tak perlu panggil ahli tafsir dan pedukunan balap motor. Mudah kok, lihat saja tahun lalu dengan asumsi  RC213V milik Dani Pedrosa dan M1 Jorge Lorenzo ketat sampai finish. Pun begitu latihan menuju lomba tahun ini, Minggu, 25 Agustus 2013 jam 14.00 siang di sirkuit Brno, Ceko, penguasaan sesi bagi rata, pabrikan hanya menguasai dua sesi.

Yakni FP1 lewat Jorge Lorenzo (Yamaha Factory Racing) dan FP4 lewat Mar Marquez dari Repsol Honda Team, berarti masih imbang dong. Dua FP lainnya disikat satelit yang lagi-lagi dari dua merek beda, FP2 lewat Stefan Bradl (LCR Honda) dan  FP3 dari Cal Crutchlow from Yamaha Tech 3.  

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Lorenzo yang bilang sirkuit ini sesuai gayanya, mamang ia konsisten dari semua sesi latihan. Pembalap yang sedang mengejar poin dari MM ini, FP1 ke-1 dan sisanya kedua terus. Lorenzo memang sedang membalap fokus, tapi ‘hancur’ ketika Q2 yang 1-2 justru dimenangi Cal dan kedua Alvaro Bautista (GO&FUN Honda Gresini). “Saya tidak berani target podium, Q2 boleh saja cepat,” jelas Bautista. “Kalau saya berharap podium coy, buat kado tim,” tegas Cal yang nggak ngomong Coy. Coy mah bahasa Jakarta, Cing…

Oke deh, itu kualifikasi yang waktunya sulit didekati atau dilewati saat lomba. Lihat saja  10 seri lalu, catatan yang sama dengan lomba justru yang mereka dapat di latihan bebas. Silakan juga intip, rekor best lap selalu diperoleh saat kaalifikasi.

Kecuali Cal yang tidak bisa kesampingkan karena dari sesi FP ia juga turut meramaiikan papan atas. Tapi seberapa lama Cal mampu mendiamkan motor khas tim satelit yang tidak pernah diam, tunggu saja lomba ia merawat ritme stamina motornya dan dirinya dalam 22 lap jatah Brno.

Karena tikungan Brno nggak sampai pelan amat, Yamaha walau tanpa SSG bisa melayani Honda. Mereka bisa bernapas karena nggak sampai masuk ke-1. Di tikungan kecepatan tinggi juga nggak tinggi-tinggi amat, Honda masih bisa mengatasi Yamaha. Rata-rata kecepatan dalam satu lap 168 km/jam, kalau Indy 156 km.jam dan Assen pembanding sirkuit cepat  171 km/jam. Sekali lagi itu hitungan kecepatan rata-rata alias tikungan lambat, cepat dan trek lurus sudah diakumulasi.

Perhatikan best partial time atau gabungan setiap sektor tercepat didapat setiap joki di FP3. Sengaja FP3 sebagai patokan, karena ini sesi latihan yang semuanya dianggap real mendekati set-up lomba. Justru Marquez yang tercepat dengan 1 menit 56.041 detik yang disusul Cal 56.156 detik, JL 56.322 detik, VR46 56.400 detik dan PD 56.490 detik. Masih sepadan dan harusnya enak ditonton nantinya yang dapat gangguan dari satelit. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Brno Ceko 2013, Semua Sesi & Kelas, 23 – 25 Agustus

MotoGP 2013 Brno (Jelang Race): Paket Kering – Basah Buat Lorenzo – Rossi

MotoGP 2013 Brno (Jelang Race): Marquez Yakin Bisa Menang, Pedrosa Siap Segala Kondisi

MotoGP 2013 Brno Ceko (Jelang Race): Bautista Tak Berani Target Podium

MotoGP 2013 Brno (Jelang Race): Kado Khusus Crutchlow Sebelum Ganti Baju

 

BAGIKAN