nhk

MotoGP 2013 Brno Ceko (Q2); Tegangnya Kualifikasi, Rekor 2 Kali Tumbang

 

ManiakMotor – Tegangnya qualifying 2 memang melebihi tegangnya dari sesi-sesi sebelumnya. Q2 juga penentu bagian dari strategi lomba. Q2 hanya solo race atau single race atau balapan sendiri-sendiri, tapi mengejar waktu secepat-cepatnya untuk dapat grid atau letak motor saat start. Pasti semua kecepatan sesi FP akan dilewati.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Seperti di sirkuit Brno, Ceko, 24 Agustus, Cal Crutchlow yang membela Yamaha Tech 3 baru lap pertama sudah melewati semua catatan sesi FP dengan 1 menit 56.081 detik. Bahkan sesaat kemudian seorang Alvaro Bautista sudah memecahkan best lap Brno jadi 1 menit 55.754 detik dari 1 menit 55.799 detik yang dipegang Jorge Lorenzo pada 2012. Betapa tidak TEEEGANG sekali tuh….

Penambah tegang adalah sistem saat ini hanya 15 menit, tidak seperti tahun lalu dijatah 30 menit. Rata-rata dengan sistem Q2 setiap pembalap hanya dapat 8 lap. Pada tahap pertama ban yang mereka gunakan hanya bertahan 3 lap dan ganti di menit ke-7 atau 8 untuk kencang-kencangan selanjutnya. Salah sikit soal strategi ban, catatan waktu akan hancur mina.

Saking kencangnya dan pepet-pepetan waktu strategi, tambah dag-dig-dug. Karena diyakin mencapai catatan terbaik yang tidak mungkin dicetak saat lomba dan sesi lainnya. Strategi ban pun mungkin dibikin selembek-lembeknya. Karburator, eh, ah ngaco. Maksudnya injeksi dimapping kering atau dicekek. Maksudnya setelan dibikin garang hanya untuk lap singkat. Termasuk di dalamnya dengan tangki bahan bakar yang diisi minim.

Nah makin tegang di Brno, pabrikan dicubit-cubit satelit dari punggung. Macam mana pak, melihat indikator Crutchlow di monitor timing semuanya merah setiap sektor saat ia melaju, fakta kembali bikin catatan lebih tajam. Artinya, Bautista pegang rekor yang baru tadi, hanya bertahan 5 menit dan dilipat Crutchlow jadi 1 menit 55.527 detik. Dalam 15 menit Q2, rekor best lap milik Lorenzo dua kali diganti. Padahal satelit hanya bermodal ilmu ‘kira-kira’, hehe, dan elmu nyali putus dari pembalapnya macam Bautista dan Cal. Ya meringis sambil gigit jari para pabrikan di Q2 Brno ini. Front row pun dalam 10 seri lalu, baru kali ini 1-2 diisi motor kw2.

Memang tidak mutlak untuk langsung menang di lomba, tapi kualifikasi punya gengsi tersendiri, makanya TEEEGANG. Ito  

 

BACA JUGA

Hasil MotoGP Brno Ceko 2013, Semua Sesi & Kelas, 23 – 25 Agustus

MotoGP 2013 Brno Ceko (Q2): Tiga Bernyali Tinggi di Baris Depan, Kalahkan Pabrikan

MotoGP 2013 Brno Ceko FP3; Crutchlow Sikat Lorenzo, Marc Dan VR46

MotoGP 2013 Brno Ceko (Jelang FP3-Q2): Rossi-Marquez Saling Tukar, Cerita Beda Sirkuit..!

MotoGP 2013 Brno Ceko (Jelang FP3 – Q2); Bradl Memainkan Gaya Ortodok, Libas Pabrikan..!

MotoGP
Qualifying Nr. 2
Finished
BAGIKAN