nhk

MotoGP 2013 Brno Ceko (Race): Benar Kata Lorenzo, Marquez Dan Pedrosa Makin Mulus SSG-nya

 

ManiakMotor – Start M1 Jorge Lorenzo (JL) telah melejit di sirkuit Brno, Ceko, 25 Agustus 2013. Ia tanpa cela melakukan start dari grid ke-5. Meninggalkan para pembalap di front row.  Tapi benar kata Lorenzo soal seamless shift gerbox (SSG) yang epeknya justru di banyak lap. Kan pindah-pindah percepatan dan reduksinya halus yang bikin pembalapnya tenang. Baca ini soal kata Lorenzo itu: MotoGP 2013 Jelang Brno: Berani Ambil Risiko, Lorenzo Kembali Minta SSG.

Faktanya keuntungannya sejak start di awal lap telah unggul 1 detik lebih, lama-lama malah didekati dua pembalap Honda, Marc Marquez (MM) dan Dani Pedrosa (DP). Berarti Lorenzo hanya bertahan 4 lap  memimpin selisih 1 detik. Lalu, Marc dan Dani sudah mulai menyodoknya dan memprovokasi.

Peratarungan sampai lap 11 belum berubah. MM hanya membayangi JL dan PD hanya membaca gerak-gerik MM. Belum ada gebrakan, karena laju motor M1 di depan mereka rupanya sulit disalip dengan usaha keras JL telah membalap di atas kemampuan motor. Juga dengan memaksa apik setiap tikungan. Di sisi lain, JL menjaga celah jangan sampai terbuka. “Saya tidak bisa berbuat apa-apa. Semua taktik pertahanan dan menyerang telah saya gunakan, apa boleh buat,” jelas Lorenzo dengan nada kecewa saat jumpa pers.

MM memang memancing JL. Ia mulai memperlihatkan moncong motornya setiap di depan tikungan. Ya, taktik mengganggu konsentrasi dan kata Lorenzo di situlah keuntungan SSG, semakin banyak lap pembalap tidak kecepean. Laju motor pengguna SSG teratur yang tidak diatur-atur. Moncong motor tidak tersentak-sentak akibat perubahan rasio atau perbandingan gigi dari girboks saat pindah persneling memutar rantai roda.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

JL terus melorot dan malah diambil DP. “Ini pun saya terlambat menyerang. Harusnya lebih awal supaya bisa mengejar ulang MM,” jelas Pedrosa yang memang lebih banyak jadi penonton dalam 19 lap. Ia baru berani setelalah lap 19 mengambil Lorenzo. Tentu saja saat itu JL sudah kehabisan energi.

Lap 11 bendera putih sempat dikibar-kibar dari instruksi pimpinan lomba. Artinya hujan mulai turun. Tapi itu tergantung pembalap, karena lintasan tetap kering, ya gas pol dan tekuk selongsong gas, terus. Jutru dari lap ini kian  panas. Lap 15 dua kali over take antara MM dan JL. Tapi dari duel saling ukur ini, bikin JL menyerah dari si anak muda MM. Sorotan kamera sangat dekat pada raut JL saat bertarung, ia telah menumpahkan semua ilmu yang dimilikinya. Serius amat brosist, tegang. Asli, wajah yang sudah mati-matian.

Usai finsih MM masih segar. Tidak ada tanda kelelahan habis menggebuk ‘abang-bang’nya di race ini. Ia pun makin menjauh dari kejaran DP dan JL di klasemen sementara. Unggul 26 poin dari DP dan 44 poin dari JL. Wajar saja, permainan MM sungguh menawan. Rileks dan tak gentar dengan nama besar abang-bangnya.

Ia pun di ronde 11 premier class ini ada perubahan pada pergerakkan tubuhnya. Walau masih gelantungan, tetapi mulai halus bergerak. Tidak lagi asal seperti awal-awal di MotoGP. Balap halus, girboks pun halus? “Saya mah enjoy saja. Saya malah menikmati saling salip dengan Jorge. Begitu atuh. Santai, mang,” kata MM yang memang bermain rapi jali pada jalurnya, tapi tidak pakai logat Sunda.

Akhir kata dan kalimat tapi belum titik, apa kata Lorenzo soal SSG harus ia sendiri dan timnya yang mengatasi. Ya, bukan maniakmotor.com. Pertarungan sekarang dengan hitungan kemarin di portal ini, bila JL kalah di Brno semakin sulit mengejar dan MM kian gemilang di depan. Gangguannya saat ini tinggal sesama Honda, DP. Dan jangan lupa, pertarungan tetap imbang sampai lap 19 dari 22 lap. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2013, Moto2 2013, Moto3 2013

Hasil MotoGP Brno Ceko 2013, Semua Sesi & Kelas, 23 – 25 Agustus

MotoGP 2013 Brno Ceko (Race): Duel Segitiga, Honda Kembali 1-2

MotoGP 2013 Brno Ceko Jelang Race: Tetap Imbang MM, JL, PD, VR46, Satelit Crutchlow

 

 

BAGIKAN