nhk

MotoGP 2013 Brno Ceko (Race): Lorenzo Sempat Ketakutan, Rossi Pantang Menyerah

ManiakMotor – Sepanjang karirnya, di Brno inilah Jorge Lorenzo merasa lakukan prosesi start terbaik. Dari urutan lima langsung menyodok ke urutan pertama dan selanjutnya memimpin dalam 15 putaran. Sayang, akhirnya kurang tenaga melawan musuh menuju garis finish.

Ia sempat bawa M1 menjauh sedetik dari kejaran MM dan DP yang pakai RC213V. Tapi, lambat laun, ia kian dipepet-pepet dan sempat bolak-balik bertukar posisi sampai kemudian tak lagi mampu kejar MM. Akhirnya, DP pun melewatinya. Apa pasal Bro?

“Ban belakang mulai lemah, badanku pun letih setelah sekian lap pol-polan. Aku sempat ketakutan saat melihat bendera putih (tanda akan datangnya hujan) karena pakai ban slick dan itu akan sangat berbahaya. Untunglah tak jadi hujan,” ujar Lorenzo yang patah tulang di Assen, jatuh lagi di Sachsenring dan baru saja sembuh total. Jadi, wajarlah ia ngeri-ngeri dikit kalau jatuh lagi.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Finish urutan 3 dengan tambahan poin hanya 16, membuat juara dunia bertahan itu kini ketinggalan 44 angka dari MM dan 16 dari DP. “Perebutan gelar belum selesai meski sekarang memang jadi sangat sulit. Kami hanya perlu peningkatan sepersekian detik lagi pada motor untuk meraih kemenangan dan semoga itu bisa terjadi di Silverstone,” katanya.

Valentino Rossi pun sama, merasa kalah kencang untuk bertarung. Ia sama sekali tak bisa mendekati trio muda di depannya, bahkan makin tertinggal.  Ia tak bilang karena letih (faktor ‘U’) tapi memang masih saja gagal menemukan set-up ideal untuk riding style yang ia inginkan di Brno.

Pengalaman membuatnya paham bagaimana strategi yang dibutuhkan dan memainkannya di Brno (empat kali doski juara Brno), tapi tidak bisa disinkronisasi dengan kondisi teknis M1. “Kami punya basis set-up dan coba kembangkan dalam dua race terakhir, tapi nampaknya tak ideal. Tapi, kami tak menyerah dan mencobanya lagi minggu depan untuk hasil yang lebih baik,” papar The Doctor menyinggung seri Silverstone pada 1 September nanti.

Berarti lagunya masih berjuang…berjuang….dong! Nggak pake merdeka deh. Lha, kan orang sana. Yang pasti sesuai janji The Doctor, tahun ini ia hanya menyetel motor untuk 2014, kalau bisa ada podium 2013. Faktanya memang dia gonta-ganti set-up nantinya yang terbaik dibawa pada tahun depan. Andro

Berita Terkait

Klasemen MotoGP 2013, Moto2 2013, Moto3 2013

Hasil MotoGP Brno Ceko 2013, Semua Sesi & Kelas, 23 – 25 Agustus

MotoGP 2013 Brno Ceko (Race): Marquez Tersenyum Lebar, DP Terlambat Serang JL

MotoGP 2013 Brno Ceko (Race): Benar Kata Lorenzo, Marquez Dan Pedrosa Makin Mulus SSG-nya

 

BAGIKAN