nhk

MotoGP 2013 Brno (Jelang Race): Paket Kering – Basah Buat Lorenzo – Rossi

ManiakMotor – Hasil Q2 terbilang antiklimaks buat duet Yamaha Factory Racing, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Di trek Brno yang tradisinya ‘milik’ M1, mereka justru akan start dari posisi yang kurang ideal buat pembalap pabrikan.

Brno memang masih milik M1 dengan predikat pole sitter. Tapi, itu adalah M1 lain milik Monster Yamaha Tech3 dengan joki Cal Crutchlow. JL dan VR harus puas start dari grid 5 dan 7, satu grup di row 3. Itu suatu hal yang tak normal musim ini. Urutan terburuk JL sepanjang musim 2013. Kekecualian buat JL di seri Assen (urutan start 12 saat patah tulang dan urutan 6 di Laguna Seca dan Indy karena baru sembuh).

Wajar kalau suasana mendung sangat terasa di kubu YFR. Kedua rider unggulan itu pun tak ada cerah-cerahnya usai Q2. Semuanya gara-gara ban. “Saya sama sekali tak dapat manfaat setelah ganti ban baru, justru banyak mlintir dan banyak gejala spin,” ujar JL yang juga kehilangan speed saat mendaki lintasan perbukitan.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

“Sangat mengecewakan. Ini posisi terburuk musim ini dan celakanya terjadi di sesi kualifikasi. Saya sudah bisa pertajam waktu, tapi yang lain ternyata lebih cepat. Target saya sebenarnya 5 Besar saja, eh malah nyelonong ke posisi 7,” kesal The Doctor yang pakai ban kompon keras di Q2 tapi justru datangkan masalah yangb gejalanya tak beda jauh dengan JL, spin.

Namanya pertarungan, keduanya ya tetap menatap raceday Minggu (25/8) ini dengan kepala tegak. Mendung di sesi Q2 diupayakan jadi cerah di akhir lomba. Lalu diakhiri dengan senyum.

“Meski urutan beda-beda, kecepatan hampir sama kok di antara pembalap. Dari posisi saya akan sangat vital untuk melakukan start terbaik dan menyalip beberapa pembalap. Setelah itu kita tunggu saja bagaimana lomba nanti,” ujar JL yang wajib memenangi seri Brno agar tetap di jalur juara dunia 2013. Soalnya, sudah tertinggal 35 poin nih.

Lain hal dengan The Doctor yang bilang masih membutuhkan beberapa perubahan penting pada pacuannya agar bisa lebih kompetitif. “Di sesi-sesi awal saya sangat kompetitif, itu juga yang harus kami upayakan dalam lomba. Mungkin sebaiknya saya pakai ban lunak saja besok,” katanya.

Pakbos Yamaha Massimo Meregalli pun jelas ikut gundah dengan posisi itu. Ia pun bikin maklumat untuk kru Yamaha begadang menjelang lomba agar paket set-up M1 bisa lebih tokcer saat lomba. Ironisnya, pekerjaan lembur itu bisa sia-sia dan akan banyak perubahan jika cuaca memburuk dan hujan seperti prediksi.

Makanya, ia pun bikin perintah lain agar juga menyiapkan paket hujan. “Kami melakukan apa pun yang bisa diperbuat malam ini agar siap menyongsong balapan, apapun cuacanya,” kata Om Meregalli yang flamboyant ini. Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Brno Ceko 2013, Semua Sesi & Kelas, 23 – 25 Agustus

MotoGP 2013 Brno Ceko Jelang Race: Tetap Imbang MM, JL, PD, VR46, Satelit Crutchlow

MotoGP 2013 Brno (Jelang Race): Marquez Yakin Bisa Menang, Pedrosa Siap Segala Kondisi

MotoGP 2013 Brno Ceko (Jelang Race): Bautista Tak Berani Target Podium

MotoGP 2013 Brno (Jelang Race): Kado Khusus Crutchlow Sebelum Ganti Baju

BAGIKAN