nhk

MotoGP 2013: Capirossi Bicara Rossi, Marquez dan Biaggi

ManiakMotor – Tiga nama membesar pekan ini di ajang MotoGP dengan kapasitas berbeda. Loris Capirossi, salah satu legenda balap Italia pun komen dikit-dikit soal Valentino Rossi, Marc Marquez, dan Max Biaggi.

Eks juara dunia GP125 dan 250 yang kemudian 12 tahun di ajang MotoGP itu tak sepakat kalau ada pihak yang nilai Rossi semakin payah dan tak berpeluang menang lagi. Ia mengaku paham betul keistimewaan rekan senegaranya itu dan yakin di sisa musim ini The Doctor masih akan berstatus bintang.

 “Ia hanya tak beruntung dalam bagaian pertama kompetisi tahun ini. Ia punya potensi besar untuk menang karena ia masih pembalap besar, saya yakin akan bisa ia pertunjukkan dalam seri lomba berikutnya. Rossi masih akan menjadi bintang,” yakin Capirossi yang kini mengetuai komisi safety MotoGP.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Tubrukan Rossi – Alvaro Bautista di GP Italia, bilang Capirosi, tak bisa jadi tolok ukur kalau handling dan refleks Rossi tak lagi sebaik sebelumnya karena faktor umur. Dalam situasi macam itu, siapa pun sulit berkelit dan murni sebagai racing incident. “Kami berkali-kali menganalisa rekaman videonya. Itu biasa terjadi pada lap pertama, dan saya tegaskan lagi Valentino hanya sedang sial saja.”

Bagaimana dengan Marquez sejauh ini? “Yang pasti anak ini punya spirit juara dan dengan cepat sudah berada di jajaran pembalap papan atas. Ia hanya perlu bersabar dan belajar lebih banyak lagi agar tak mengalami banyak kecelakaan seperti saat ini. Memang tak  mudah karena Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa sedang di masa terbaiknya, tapi Marc punya peluang raih gelar di musim perdananya. Saya tak bakal terkejut jika itu terjadi nanti,” ujar Capirossi yang berpengalaman di empat tim pabrikan MotoGP, yakini Honda, Yamaha, Ducati, dan Suzuki. Sayangnya, tak pernah juara dunia di kelas primer itu.

Dan, ia pun tersenyum simpul saat menyinggung come back-nya legenda Italia lainnya, Max Biaggi, yang tengah bersiap menjalani tes MotoGP bersama Pramac Ducati di Sirkuit Mugello. “Itu membuat saya tersenyum, tapi saya senang melihatnya. Kita lihat saja apa yang bisa diperbuatnya dalam beberapa hari ini. Ia sudah terlalu tua,” komentar Capirossi dengan senyumnya, entah merasa lucu atau geli lihat Biaggi yang balik ke MotoGP dalam usia 43 tahun.

Kamis (6/6) dan Jumat esok, rencananya Biaggi akan menjalani tes khusus sebagai joki Desmosedici GP13. Tak ada keterangan resmi ini tes dalam rangka apa. Untuk dapatkan  masukan dan informasi dari sudut pandang dan pengalaman Biaggi, atau ada motif lain Ducati. Soalnya, ada kemungkinan pula Biaggi dites untuk menggantikan posisi Ben Spies dalam beberapa seri balap ke depan. Mungkin itu yang bikin Capirossi merasa lucu dan  geli. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013: Pegang Suzuki MotoGP 2014, Brivio Tak Tinggalkan Valentino Rossi

MotoGP 2013: Badai Tornado Serang Oklahoma, Crutchlow Lepas Wearpack

MotoGP 2013: The Roman Emperor Turun Gunung, Geber Ducati

MotoGP 2013; Lorenzo Sportif, Minta Maaf Pada Pedrosa

BAGIKAN