nhk

MotoGP 2013 Catalunya: Dua Honda Punya Masalah Berbeda

ManiakMotor – Dua FP (Free Practice) pada Jumat (14/6) tak sekali pun rider Repsol Honda mencatat waktu tercepat, termasuk Dani Pedrosa yang punya lap record Sirkuit Barcelona sejak 2008.

Seperti dibilang sebelumnya, Pedrosa memang fokus mencari-cari ban yang mumpuni karena itulah problem terbesarnya masuk Catalunya. Beberapa varian pun ia pakai, tapi semuanya belum mampu mengungguli YZR M1.

Di FP1 saat suhu udara 25 derajat Celcius dan suhu trek mencapai 33 derajat Celcius, ia pasok roda depan dan belakang RC213V dengan soft tyres. Hal sama digunakan Marc Marquez. Hasilnya, Pedrosa tercepat kedua di bawah Jorge Lorenzo dan Marquez urutan 9.  

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Masuk FP2 yang cuacanya lebih panas, Pedrosa pakai kombinasi baru. Depan pakai kompon keras, ban belakang tetap pakai kompon lunak. Kurang puas hasilnya, akhirnya ban belakang pun ganti ke kompon keras. Tapi, tetap saja tak mampu mengungguli Yamaha yang kali ini diambil Valentino Rossi sebagai tercepat.

Marquez yang di awal masih pakai soft untuk kedua rodanya, belakangan ganti ke tipe hard dan hasilnya bisa lebih cepat dari sebelumnya dan duduk di urutan 6. “Seharian tes ban. Sangat penting menentukan jenis yang tepat di sirkuit ini terlebih saat cuaca panas. Hari ini kami belum temukan yang cocok, maka sektor ini lagi yang jadi fokus pada sesi Sabtu,” ujar Pedrosa yang tengah memimpin klasemen sementara.

Problem Marquez lebih rumit. Ini kali pertamanya bawa RC213V di Catalunya, masih beradaptasi dan belum nyaman dengan racing line sementaranya. “Meski begitu saya cukup senang karena di FP2 bisa memangkas waktu dari rider tercepat. Kami sudah punya gambaran apa yang harus ditingkatkan pada sesi Sabtu,” ujar ruki alumnus Moto2 itu.

Sabtu (15/6) ini akan berlangsung sesi FP3 yang catatan waktunya dikombinasi untuk 10 tercepat ke qualifyng 2 dan sisanya Q1. Selanjutnya rombongan MotoGP punya FP4 yang murni latihan dan uji coba set-up terakhir menjelang Q yang memperebutkan pole position. Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Catalunya Spanyol, Semua Kelas Dan Sesi, 14 Juni – 16 Juni 2013

MotoGP Catalunya Spanyol 2013: Marquez Bantah Contek Pedrosa, Beda Gaya Kok

MotoGP 2013 Catalunya Spanyol: Tercepat, Rossi Cuma Bilang Ini Masih Jumat

MotoGP Catalunya Spanyol 2013 (FP2): Ho…Ho..Ho…Rossi Mulai Wantap Bro!

MotoGP 2013 Catalunya (FP2); Kali Ini Valentino Rossi Bangkit, Pecahkan Rekor Sirkuit

MotoGP Catalunya Spanyol 2013 (FP1); Lorenzo Tipis Dengan Pedrosa

BAGIKAN