nhk

MotoGP 2013 Catalunya (Jelang): Dovi Incar Sasis Baru

ManiakMotor –  Start dari front row di GP Italia bikin Andrea Dovizioso makin nafsu menggeber Desmosedici GP13. Macam mana kalau ia dibekali sasis baru di GP Catalunya, 16 Juni nanti?

Hasilnya memang belum bisa ditebak. Lagian balapan nggak hanya mengandalkan sasis? Tapi, rider Italia itu penasaran dan ingin membuktikan sasis baru Ducati di Catalunya, meskipun katanya tak signifikan mengembangkan kecepatan. “Saya coba dalam tes khusus di Mugello. Kecepatan motor bisa konsisten pada 1:48 koma sekian detik. Bagi saya kosistensi itu yang penting, khususnya saat raceday nanti,” ujar Dovi yang menilai sasis baru sebagai kemajuan tersendiri meskipun dampaknya tak terlalu besar untuk mendekatkan gap dengan Yamaha dan Honda.

Dovi juga bercerita panjang tentang penyettingan distribusi bobot selama testing sasis tersebut. Tapi tidak diceritakan settingan pada bagian mana sehingga perpindahan bobot Ducati sudah membaik atau tidak. Toh dari ceritanya yang konsisten, paling tidak lebih nyaman.  Juga semua ergonomik dalam testing disesuaikan dengan postur tubuh Dovi.

Dovi mencetak best time 1:48,2 saat tes. Lebih cepat dari 1:48,7 saat race GP Italia di trek sama. Meskipun lebih lambat dari fastest lap milik Marc Marquez yang 1:47,639, Dovi merasa mungkin masih bisa mengembangkan kecepatan dengan set-up ulang.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Masalahnya, Ducati Corse sendiri belum memutuskan apakah sasis anyar itu siap digelindingkan di Barcelona. “Itu dia masalahnya. Saya ingin pakai di Barcelona, tapi saya tak tahu apakah sudah bisa menggunakannya atau tidak. Bisa jadi, kami hanya akan mengetesnya ulang sehari setelah balapan,” kata Dovi yang sembari berharap sasis baru tersebut bisa dicoba di sesi-sesi awal seperti free practice sebelum dipakai di lomba benaran, itu kalau sasis tersebut resmi dipakai di Catalunya.

Sebagai informasi tambahan, sehari setelah GP Catalunya memang digelar latihan resmi untuk semua tim MotoGP. Suzuki juga akan ikut dalam tes ini sebagai persiapan muncul lagi di musim 2014.

Beda dengan sasis lama yang inkonsisten dan membuatnya keteteran di GP Italia, finish kelima meski start dari urutan tiga. Ia disalip dan ditinggal Cal Crutchlow (Yamaha Tech3) da Stefan Bradl (LCR Honda). “Sasis ini lebih nyaman, speed saya bisa rata. Saya yaklin masih bisa ditingkatkan sedikit lagi,” tandasnya.

Lain Dovi, lain pula Nicky  Hayden. Rider Amrik itu merasa tak ada perubahan sasis baru maupun lama yang ia rasakan. Kecepatannya tak beda dengan versi lama. Karenanya, wajar kalau doski tak ingin mencangkok sasis baru di Barcelona. Ia mungkin tahu hasilnya akan sama saja. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013: Tuntaskan Tes, Biaggi Belum Pasti ke MotoGP

MotoGP 2103 Catalunya (Jelang): Rogoh Kocek Sendiri, Lorenzo Kerahkan Pasukan di Barcelona

MotoGP 2013 Yamaha M1 Lorenzo Yang Asli Di PRJ 2013; Foto Bagiannya Lengkap Tuh

MotoGP Catalunya 2013 (Jelang): Pedrosa Mulai Sinis Kepada Marquez, Bisa Runyam Nih…

BAGIKAN