nhk

MotoGP 2013 Catalunya (Jelang Race): Gairah Crutchlow di Baris Depan

ManiakMotor – Tadinya Cal Crutchlow pesimis naik podium untuk mlengkapi podium beruntungnya di GP Prancis dan Italia. Sekarang berbalik, ia bergairah menyambut race di sirkuit Catalunya, Spanyol yang berlangsung sebentar lagi atau Minggu, 16 Juni 2013, .

Yang ia perhitungkan podium di negara Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa dan Marc Marquez itu, ya ketiganya itu. Selain sentimen nasionalisme yang kental, ketiga rider itu pun bermodalkan pacuan yang terbaik saat ini. Mereka bertiga pula yang sudah meraih kemenagan sesuai nama tim mereka, tim pabrikan. “Sulit menyaingi trio Spanyol itu di kandang, mereka sendiri dengan atmosfer yang luar biasa,” ujar Crutchlow sebelum masuk sirkuit Barcelona.

Tapi, saat kualifikasi yang mejnadikannya tercepat kedua setelah Pedrosa, pikiran Crutchlow berubah. Ada celah untuk bikin hattrick podium beruntun. “Dani tampil luar biasa di sesi ini. Pacuan saya juga kencang, namun saya sadar itu juga tak lepas dari faktor Lorenzo yang punya problem di motornya. Jika tak ada kendala teknis, mungkin ia menggusur saya ke posisi ketiga,” ujar Crutchlow merendah.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Ia dan timnya juga sudah berhitung seputar potensinya menuju podium. Kecepatan M1 yang diperlihatkan rider Yamaha Tech3 itu di semua sesi awal tanda bisa kompetitif melawan Pedrosa maupun Lorenzo. Di sisi lain, dua pentolan lain seperti Valentino Rossi dan Marc Marquez akan start dari belakang Crutchlow.

Teorinya, dengan ‘berlindung’ atau cari angin di belakang Lorenzo dan mengikuti racing line-nya, kecepatan Crutchlow akan ikut tertarik dan itu akan menjauhkannya dari ancaman Rossi maupun Marquez.  Mungkin saja yang menggangu Crutchlow adalah Alvaro Bautista (GO&FUN Gresini Honda) yang juga tampil apik kali ini.

Namun, itu tadi, dengan menempel terus di belakang Lorenzo, posisinya bisa lebih terjaga. Dan,seperti kata Crutchlow, itu sangat tergantung pada pilihan ban untuk raceday. Seperti yang lain, ia belum tentukan bakal gunakan tipe apa. Mengingat suhu trek seperti Q2 mencapai 51oC. “Mungkin beberapa menit sebelum balapan baru kami putuskan jenis ban yang digunakan. Cuaca Barcelona sangat tricky, ban akan jadi kunci sepanjang balapan,” katanya.

Lha iyalah Bro! Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Catalunya Spanyol, Semua Kelas Dan Sesi, 14 Juni – 16 Juni 2013

MotoGP 2013 Catalunya (Jelang Race): Bekal Rekor Baru, Pedrosa Inginkan Show Dahsyat

MotoGP Catalunya Spanyol 2013 (Jelang Race): Gara-Gara Kopling, Lorenzo Gagal Rebut Pole, Rossi..?

MotoGP 2013 Catalunya (Q2): Pedrosa Jadi Pole Sitter, Pecahkan Rekor Stoner

BAGIKAN