nhk

MotoGP 2013 Catalunya (Jelang Race): Tampil Modis, Marquez Layak Disorot

 

ManiakMotor – Tampil di sirkuit Catalunya, Spanyol dalam rangka tronde 6 MotoGP 2013 sebagai kandang, sejumlah rider Spanyol ubah penampilan. Kalau Jorge Lorenzo dan beberapa lainnya pakai helm desain baru, Marc Marquez lebih ekstrem. Apa tuh?

Rider muda sekaligus harapan masa depan balap Spanyol itu tak hanya pakai helm desain khusus yang mengingatkan pada daerah asalnya, Cervera, Catalunya.  Agar lebih modis, ia pun pakai sarung tangan dan sepatu baru yang warnanya disesuaikan. Hasilnya, ‘penampakan’ Marquez memang terlihat lebih charm dibandingkan sebelumnya.

Tapi, di dalam lintasan, apa boleh buat penampilannya justru tak seapik sebelumnya. Terkendala sejak sesi latihan, juara GP Austin itu terpuruk urutan 6 saat kualifikasi. Semakin panas cuaca Barcelona, semakin sulit ia menentukan set-up RC213V-nya. Padahal, sehari-hari ia sangat akrab dengan panasnya Barcelona karena rumah ortunya tak terlalu jauh dari sirkuit.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

“Seperti sebelumnya saya bilang, akan sangat sulit di sirkuit teknikal ini. Seperti Mugello lalu, perlu sentuhan sangat teknis untuk melibas tikungan-tikungannya yang berkarakter cepat. Pembalap lain sudah berpengalaman di sini, saya baru mencobanya dengan pacuan MotoGP,” ujar alumnus Moto2 itu yang mrasa dua hari pertama sebelu raceday hanyalah bagian dari adaptasinya dengan karakter sirkuit.

Tapi, Marquez sadar, posisi startnya dari urutan 6 dan berdekatan dengan sang idola Valentino Rossi akan jadi tantangan dan sorotan tersendiri. Jika di depan, dua Spayol Dani Pedrosa – Jorge Lorenzo jadi sorotan utama, maka di belakang mereka yang paling dicermati adalah Marquez-Rossi.

Sebagai pembalap tuan rumah dan tengah dipuja-puji masyarakat Spanyol, Marquez memang layak disorot di Catalunya. Ia jadi pembeda dalam rivalitas papan atas musim ini. Dan, ia sendri pun sangat berambisi mencetak hasilmaksimal di depan fans sendiri, terlebih gagal petik poin di seri Mugello.

“Jika mengacu hasil kualifikasi, saya belum terlalu percaya diri. Saya butuh kecepatan lebih. Sesi warm up akan kami maksimalkan untuk menambah sedikit kecepatan, khususnya untuk menstabilkan motor saat berada di tengah-tengah tikungan dan bersiap menuju titik keluar,” papar Marquez yang di warm-up hanya ke-8.

Lho. Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Catalunya Spanyol, Semua Kelas Dan Sesi, 14 Juni – 16 Juni 2013

MotoGP 2013 atalunya (Jelang Race): Gairah Crutchlow di Baris Depan

MotoGP Catalunya Spanyol 2013 (Jelang Race): Bekal Rekor Baru, Pedrosa Inginkan Show Dahsyat

MotoGP Catalunya Spanyol 2013 (Jelang Race): Gara-Gara Kopling, Lorenzo Gagal Rebut Pole, Rossi..?

BAGIKAN