nhk

MotoGP 2013 Catalunya (Jelang): Sudah Habiskah Valentino Rossi?

ManiakMotor – Itu topik hangat di lingkungan fans Valentino Rossi sendiri. Yang bukan pendukungnya sih dari jauh hari sudah bilang era The Doctor sudah tamat.

Fakta terkini, VR46 hanya dapat 4 poin dalam dua laga terakhir di LeMans dan Mugello. Hanya sekali podium (runner-up) dalam 5 laga. Peringkatnya di klasemen pun anjlok ke urutan 6 dengan nilai 47. Tertinggal 56 poin dari Dani Pedrosa di pucuk pimpinan sementara.

Tak salah kalau Steve Parrish, komentator MotoGP yang acap cuap-cuap di BBC Inggris, bilang sudah habislah riwayat Rossi dalam kompetisi musim 2013. Artinya, bisa dibilang mustahil untuk ikut bertempur memperebutkan gelar jara dunia di ujung musim.

Meski lomba masih sisa 14 putaran, berat melawan trio Spanyol Pedrosa – Jorge Lorenzo- Marc Marquez jika ditilik dari performa dalam 5 seri yang sudah berlangsung. Begitu banyak pembalap muda dan cepat yang merubungnya. “Target realistis Rossi hanyalah bertarung memperebutkan posisi ke-4 melawan Cal Crutchlow (Yamaha Tech3),” tutur Parrish.

Itu kata Parrish. Tapi, kawan ini rupanya lupa kalau sejak awal masuk Yamaha dan kembali pakai M1, VR46 sendiri tak pernah berniat tarung dalam perebutan gelar. Ia tahu diri dan masih menebak-nebak sendiri akan berada di level mana di antara gerombolan anak-anak muda itu.

Sampeyan bisa baca ulang berita-berita Rossi sejak tahun lalu di portal ini, tak satu kalimat pun yang bilang ia siap tempur berebut gelar musim ini. Lha wong, janjinya saat itu tahun ini hanya membangun motor untuk 2014. “Bisa beberapa kali ke podium saja sudah bagus. Setelah itu baru menakar diri apakah masih bisa fight musim 2014 atau tidak,” begitu kata Rossi sejak awal.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Kesimpulannya, rasanya terlalu dini menyebut karir The Doctor sudah habis seperti pergunjingan setelah ia terpuruk akibat tertubruk di Mugello, sebelumnya jatuh di Le Mans. Kalau peluang berebut gelar seperti dibilang Mas Parrish, logikanya memang begitu. Bisa dibilang agak benar pula kalau target realistis musim ini hanyalah berjuang 4 Besar.

Untuk bisa ke 4 Besar, Rossi tentu harus podium di beberapa balapan dalam 14 seri di depan. Terdekat adalah GP Catalunya, Sirkuit Barcelona, pekan ini. Seperti di LeMans dan Mugello, target Rossi pun tak muluk tapi sekadar podium. Tapi, itu pun sulitnya minta ampun Brosist?

Trio Spanyol di atas pasti tarung sampai limit dan titik keringat terakhir di depan publik sendiri. Belum lagi pembalap tuan rumah lainnya, Alvaro Bautista (GO&FUN Gresini Honda) yang bikin Rossi ‘bau’ di Mugello. Tambah lagi Crutchlow, Stefan Bradl dan duo pembalap pabrikan Ducati (Andrea Dovizioso dan Nicky Hayden).

Level persaingan yang kini dihadapi The Doctor memang rumit, tak lain karena ia geber  M1 yang  bukan diciptakannya. Beda dengan Ducati musim lalu yang siapa-siapa pesaingnya sudah jelas dari satu ke seri lainnya. Kalau dapat paket set-up yang wantap, bisalah ia nyodok ke depan. Kalau tidak, ya tarung di level tengah. Sebaliknya, kalau M1 sudah oke secara konsisten di sesi FP dan kualifikasi, tapi memble saat raceday, maka saat itulah bisa dibilang The end of The Doctor yang biasanya lebih gape saat balapan dibandingkan single lap.

GP Catalunya pada Minggu 16 Juni ini hanyalah contoh berikutnya apakah M1 yang belum mantap di tangan Rossi, atau sebaliknya Rossi yang memang tak bisa menangani M1? Contoh berikutnya akan bersambung ke Sirkuit Assen (Belanda) dan Sirkuit Sachsenring (Jerman) sebelum sirkus MotoGP nyeberang lagi ke benua Amrik. Setelah itu baru sah ramai-ramai menilai apakah The Doctor sudah habis atau belum, terlebih kalau di sisi lain Lorenzo justru berjaya dengan M1? Bukan begitu Mas, Bang, Akang, dan Adek-Adek sekalian! Andro

MotoGP 2013 Jelang Catalunya; Marquez Pakai Ilmu Kombinasi Pedrosa Dan Lorenzo

MotoGP 2013; Valentino Rossi Tetap Terkaya Dari Balap Motor, Peringkat 51 Versi Fobers

MotoGP 2013 Catalunya Barcelona (Jelang); Marquez Perbaiki Kesalahan, Latihan Dirt Track

MotoGP 2013 Catalunya (Jelang): Dovi Incar Sasis Baru

MotoGP 2013 Catalunya (Jelang): Rogoh Kocek Sendiri, Lorenzo Kerahkan Pasukan di Barcelona

BAGIKAN