nhk

MotoGP 2013 Catalunya (Jelang); Trio Spanyol Membela Kampung Masing-Masing

 

ManiakMotor – Balap di luar negerinya, Marc Marquez, Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo akan membawa negara Spanyol. Tapi balapannya di Spanyol, ya perang antarkampung, hehe. Ketiganya berasal dari provinsi yang berlainan. Nasionalisme kedaerahannya pasti ada. Ras di Spanyol sendiri, setiap provinsi berbeda.  Ya, macam di Indonesia ada suku Jawa, Bugis dan Padang.

Lorenzo misalnya lahir di Palma de Mallorca. Walau sekarang tinggal di Barcelona, tapi nenek moyangnya dari pulau Majorca di provinsi Kepuluan Balearic. Majorca daerah pelabuhan yang berpulau-pulau. Seperti Kepulauan Seribu di Indonesia. Namanya anak pelabuhan, kulturnya keras. Macam karakter Lorenzo di atas motor.  Yang ada di otaknya adalah menang. Semua pembalap juga begitu, bray… Lorenzo lahir di sana pada 4 Mei 1987.  Semoga nantinya Rafid Topan yang main di Moto2 sekarang mengikutinya, anak Tanjung Priuk, daerah pelabuhan juga kan.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Sabadell di provinsi Barcelona. Sebut Barcelona telah terbayang provinsi yang makmur, maju dan kota ngetop di dunia. Faktanya memang begitu, apalagi ada klub sepakbola Barca yang melegenda. Sabadell berjarak 20 km dari kota Barcelona. Sukunya masih Catalan. Nah di sanalah  Pedrosa dilahirkan pada 29 September 1985. 

Sedang Cervera di kotamadya Segarra dari bagian provinsi Lleida. Ini adalah provinsi perjuangan dalam cerita Kerajaan Spanyol. Bertetangga dengan Barcelona.  Di daerah inilah Marc Marquez besar sejak dilahirkan oleh mamanya. Mamanya itu ‘disuntik’ oleh papanya, baru 7 tahun kemudian lahirlah Marquez setelah Pedrosa brojol.   

Paparan kota-kota di atas gambaran ketiga karakter pendekar Spanyol di jok motor. Pedrosa bertindak anak ‘kampung sini’. Sirkuit Catalunya berada di provinsi Barcelona. Dia asli situ. Mentalnya lebih siap, merasa di kampung sendiri. Penonton yang mendukungnya pasti lebih banyak yang berasal dari Barcelona.

Tetapi dari cara bertanding sesuai kultur, Lorenzo seorang yang tidak peduli, kan anak pelabuhan. Lagian dia sudah punya KTP Barcelona, kerena sudah menetap di sana. Penonton juga akan mendukungnya. Nah muncul juga darah pejuang dari diri Marquez yang lahir dari provinsi perjuangan. Pantas walau tunggang langgang seperti di Mugello, Marquez terus bertempur. Tipikal begitu juga disukai penonton Spanyol, macam matador, belum menyerah saat bantengnya belum terkapar.

Begitulah tulisan ringan ini, jadi berat karena harus cari-cari di Wikipedia soal silsilah provinsi ketiganya. Juga ketiganya  sedang berada di klasemen 1-3. Itu sama dengan ketiganya membela kampung masing-masing di Spanyo. Dijamin tidak bakal diakhiri tawuran. Ito

BACA JUGA:

MotoGP 2013 Jelang Catalunya; Marquez Pakai Ilmu Kombinasi Pedrosa Dan Lorenzo

MotoGP 2013 Catalunya (Jelang): Sudah Habiskah Valentino Rossi?

MotoGP 2013 Valentino Rossi Tetap Terkaya Dari Balap Motor, Peringkat 51 Versi Fobers

MotoGP 2013 Catalunya Barcelona (Jelang); Marquez Perbaiki Kesalahan, Latihan Dirt Track

MotoGP 2013 Catalunya (Jelang): Dovi Incar Sasis Baru

MotoGP World Standing 2013PDF

Pos.RiderBikeNationPoints
1Dani PEDROSAHondaSPA103
2Jorge LORENZOYamahaSPA91
3Marc MARQUEZHondaSPA77
4Cal CRUTCHLOWYamahaGBR71
5Andrea DOVIZIOSODucatiITA50
6Valentino ROSSIYamahaITA47
7Nicky HAYDENDucatiUSA45
8Alvaro BAUTISTAHondaSPA38
9Stefan BRADLHondaGER30
10Aleix ESPARGAROARTSPA28
11Bradley SMITHYamahaGBR24
12Michele PIRRODucatiITA22
13Andrea IANNONEDucatiITA21
14Hector BARBERAFTRSPA13
15Randy DE PUNIETARTFRA11
16Ben SPIESDucatiUSA9
17Danilo PETRUCCIIoda-SuterITA8
18Michael LAVERTYPBMGBR3
19Colin EDWARDSFTR KawasakiUSA3
20Yonny HERNANDEZARTCOL3
21Karel ABRAHAMARTCZE2
22Hiroshi AOYAMAFTRJPN1

 


BAGIKAN