nhk

MotoGP 2013 Catalunya (Race): Crutchlow Versus Espargaro, Isu Soal Yamaha Tech3

ManiakMotor – Di kelas masing-masing, Pol Espargaro dan Cal Crutchlow catat hasil bertolak belakang. Pol juara di Moto2, Cal terjengkang di MotoGP. Macam mana soal posisi 2014?

Isu panas soal transfer pembalap memang menyangkut satu kursi di Monster Yamaha Tech3 musim depan. Crutchlow habis kontrak di akhir musim ini. Kabar santernya, Espargaro jadi kandidat penggantinya.

Usai sesi Sabtu (15/6) lalu keduanya berdampingan menjawab pertanyaan media. Suasananya lebih banyak bernada canda, sebagaimana gaya Crutchlow. Namun, materinya tetap serius dan belum seluruhnya transparan. Crutchlow mengiyakan pertemuan dengan petinggi Yamaha di Mugello, namun segala sesautunya belum diputuskan saat itu. Ia pun bilang wajar kalau Yamaha mencari-cari calon pembalapnya yang terbaik dan lebih cepat dari sebelumnya.

Itu wajar saja. “Tapi, itu kalau performa saya buruk. Jika saya tampil jelek, memang layak diganti. Sebaliknya, kini saya pembalap terbaik tim satelit. Soal apakah Yamaha sudah punya kontrak dengan Pol, silakan yang bersangkutan yang menjawabnya,” ujar Crutchlow sembari menoleh pada Espargaro.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Ditodong seperti itu, Espargaro pun santai saja. “Kamu nggak buruk kok Cal, musim ini tampil hebat,” pujinya mengomentari ucapan Crutchlow. “Saat ini saya tengah fokus di Moto2, masih banyak yang harus kami lakukan. Saya belum memikirkan MotoGP. Tapi, jujur saja, pembalap mana sih yang tak senang jika dikaitkan dengan Yamaha? Itu tim besar dan dambaan pembalap. Selalu menyenangkan mendengar kabar seperti itu. Soal tahun depan lihat nanti saja,” ujar Espargaro berdiplomasi tanpa mau menjelaskan secara tegas sudah ada kontrak atau belum dengan Yamaha. Bah, pintar jawabnya.

Isu lain adalah Crutchlow akan memperkuat Suzuki musim depan. Soal ini pun Crutchlow tak membantah, tapi juga tak mengiyakannya. “Tahun lalu dan pada Januari lalu, kami memang bicara dengan Suzuki dengan kemungkinan mereka kembali ke MotoGP. Itu saja dan tak lebih. Selanjutnya, bukan tugas saya lagi untuk mengurus dan menjawabnya. Tugas utama saya saat ini adalah membalap untuk Tech3. Mungkin saja pihak Suzuki inginkan pembicaraan lebih lanjut, tapi sampai saat ini tak ada hal penting yang bisa saya ceritakan,” papar Crutchlow.

Suzuki yang tengah berancang-acang masuk MotoGP lagi, akan menguji motor prototipenya pada Senin (17/6) besok di Sirkuit Barcelona. Bersama-sama dengan tim MotoGP regular saat ini. Menarik menunggu aksi tim pabrikan Jepang ini, sejauh mana potensinya mengimbangi pabrikan Jepang lainnya seperti Yamaha dan Honda. Jika potensi besar, mereka pastinya tak merasa sulit merekrut pembalap sekalier Crutchlow. Jika tidak, maka wajar kalau Crutchlow akan ributkan lagi posisinya di Tech3. Andro

Berita Terkait 

MotoGP 2013: Valentino Rossi Mengundurkan Diri, Crutchlow Naik Pangkat?

MotoGP 2013 Catalunya Spanyol (Race): Agak Bikin Ngantuk, Lorenzo Melaju Sendiri..!

MotoGP 2013 Catalunya Spanyol (Warm-Up); Tiga Yamaha Di Depan, Crutchlow Terdepan

MotoGP 2013 Catalunya (Jelang Race): Gairah Crutchlow di Baris Depan

 

BAGIKAN