nhk

MotoGP 2013 Catalunya Spanyol: Tercepat, Rossi Cuma Bilang Ini Masih Jumat

ManiakMotor – Para Rossimania di seantero bumi ramai berkomentar menyusul sukses Valentino Rossi memimpin sesi FP2 GP Catalunya, Jumat (14/6) di Sirkuit Barcelona. Eh, ternyata The Doctor tak segembira para tifosi-nya yang meramaikan FB dan twitter.

Sejak kembali ke Yamaha setelah dua tahun menderita lahir bathin di Ducati,  inilah kali pertama Rossi memimpin sebuah sesi MotoGP. Meski finish runner-up di GP Qatar lalu, sesungguhnya kecepatannya belumlah menjanjikan saat single lap. Jadi, dalam lima putaran era barunya menggenjot M1, ya baru kali ini jadi pemimpin biar pun cuma sesi latihan bebas.

Ternyata, tak ada kiat berliku dilakukan The Doctor dan tim teknisnya sehingga bisa melampaui rekor kecepatan Sirkuit Catalunya jadi 1:42,297 dari sebelumnya 1:42,358 yang dibikin Dani Pedrosa musim 2008 lalu. The Doctor hanya mengganti tipe ban belakangnya, dari  hard ke soft tyre dan nempelah motornya dengan aspal. Saking nempel motornya seperti beri rel untuk dapat catatan di atas.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Faktor keberuntungan di menit terakhir? Tidak juga kalau dilihat performa The Doctor di FP1 yang sudah bisa melawan pacuan Lorenzo maupun Pedrosa. Berbasis setingan eks Mugello, sepertinya M1 sudah mulai ‘kepegang’ Rossi dengan feeling-nya. Kalaupun soft tyre itu dinilai penentu kecepatannya jadi nomor satu, tentunya juga harus didukung setelan yang lain.

Menurut The Doctor lewat rilis tim yang juga diterima maniakmotor.com malam ini, masih banyak pekerjaan pada elemen M1 yang harus dilanjutkan pada Sabtu (15/6). “Ini baru Jumat, hasil sementara. Tapi, apa pun ceritanya ya senang jadi tercepat. Selanjutnya kami harus bisa menentukkan tipe ban untuk balapan. Masih ada beberapa tikungan yang belum mulus saya lalui dan harusnya bisa ditingkatkan,” kata Rossi.

Di sisi lain, Jorge Lorenzo merasa masih kurang mantap meski tercepat di FP1 dan kalah hanya 0,049 detik dari Rossi di FP2. “Saya mencoba dua variasi setingan berbeda dan sepertinya itu kurang maksimal. Di FP2 saya sengaja tak ganti ban dan bertahan dengan tipe yang sama, agar lebih memahami karakter dalam cuaca seperti hari ini. Besok harus ada peningkatan untuk percaya diri  lagi,” katanya.

Direktur Tim Yamaha Factory Racing Massimo Meregalli bicara buat Rossi. Katanya, tak harus kelewat gembira menyambut hasil  Rossi hari ini. “Itu awal yang bagus karena dua motor kami berada terdepan. Tapi, masih banyak yang harus ditingkatkan pada sesi besok. Kami harus menyempurnakan set-up dan pilihan jenis ban buat raceday. Sejauh ini kami sudah lakukan yang baik, semoga saja besok bisa lebih baik lagi,” ujar Meregalli.

Dan, seluruh komunitas MotoGP rasanya tak sabar menunggu sesi berikutnya pada Sabtu (15/6) untuk mencermati seberapa kecil kini gap antara Lorenzo dengan Rossi? Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Catalunya Spanyol, Semua Kelas Dan Sesi, 14 Juni – 16 Juni 2013

MotoGP Catalunya Spanyol 2013 (FP2): Ho…Ho..Ho…Rossi Mulai Wantap Bro!

MotoGP 2013 Catalunya (FP2); Kali Ini Valentino Rossi Bangkit, Pecahkan Rekor Sirkuit

MotoGP Catalunya Spanyol 2013 (FP1); Lorenzo Tipis Dengan Pedrosa

BAGIKAN