nhk

MotoGP 2013 Catalunya (Tes): Crutchlow Ikut Tolak Sasis Anyar Yamaha

 

ManiakMotor – Banyak yang kaget ketika Valentino Rossi menolak pakai sasis baru Yamaha saat tes di Sirkut Jerez. Kini Cal Crutchlow baru menyadari mengapa The Doctor ogah pakai.

Yamaha Factory Racing (YFR) sudah merilis dua model  sasis 2013. Versi awal sudah disiapkan sejak musim lalu sedangkan versi baru diperkenalkan pada tes Jerez tiga bulan lalu. Namun, Rossi mengaku lebih cocok dengan versi lama da melanjutkan perjuangan dengan sasis itu. Meski tak signifikan, Lorenzo bilang sasis baru ada perbaikan di beberapa sisi namun juga da kelemahan di sisi lain dibandingkan versi lama.

Untuk mendapatkan informasi lebih luas, sasis baru itu kemudian diuji lagi saat tes di catalunya, Senin (17/6). Petugas pengujinya kali ini adalah Cal Crutchlow dari Monster Yamaha Tech3 yang sejauh ini pakai M1 spek 2012. Tentu saja Crutchlow antusias mengujinya, namanya juga barang baru Bro!

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

“Banyak waktu saya pakai menguji sasis baru itu dan akhirnya paham mengapa ditolak. Saya tak dapatkan nilai plus. Pada akhirnya saya memutuskan pakai sasis normal (spek 2012) dan hasilnya jauh lebih baik,” tegas Crutchlow tanpa menyebut detil titik kelemahan sasis terbaru.

Dengan sasis lamanya, ia pun fokus pada simulasi balapan. Ia masuk lintasan dengan tangki penuh seperti balapan. Ia pun menggunakan ban bekas pakai. Hasilnya, lap time anak Inggris ini bisa konsisten sepanjang 25 lap. “Dibandingkan sasis baru, saya lebih yakin dengan performa spek 2012. Saya puas dengan hasil akhirnya. Banyak pembalap yang buang-buang ban pada tes ini, tapi saya hanya gunakan dua set,” tuas Crutchlow.

Yang jadi tanda tanya, Lorenzo pakai sasis tersebut sudah dua kali juara dari Mugello dan Catalunya. Bisa saja, sasis anyar itu dibuat sesuai gaya dan riset Lorenzo yang setia dengan YFR. Bicara ban pun, Lorenzo sudah dua seri ini no problem, lha juara kok. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013: Soal Rossi Pensiun, ‘Ayah’ Serahkan Pada Waktu

MotoGP 2013 Tes Catalunya: Suzuki Punya Potensi, Terganjal Regulasi 2014

MotoGP Catalunya (Tes): Modifikasi M1 Mantap, Sayangnya Tak Bisa Dibandingkan RC213V

MotoGP 2013 Suzuki Muncul Dengan Mesin In-Line, Livery Khas Biru-Putih

 

BAGIKAN