nhk

MotoGP 2013: Crutchlow Mulai Galau, Musim Depan Digusur Yamaha

ManiakMotor – Sebenarnya bukan isu baru kalau posisi Cal Crutchlow  terancam di Monster Yamaha Tech 3. Portal ini pun sudah Janauri lalu menulis rumor Yamaha telah memagari Pol Espargaro agar tak kemana-mana pada musim 2014.

Entah baru sadar atau baru tahu (atau karena ndak baca maniakmotor.com hehehe), baru sekarang ini Crutchlow bereaksi. Ia mengakui sangat mungkin di akhir musim ini akan dipaksa meninggalkan Yamaha agar terbuka peluang masuk buat Espargaro sebagai langkah awal ke MotoGP.

Kegalauan Crutchlow diungkap dalam wawancara khususnya dengan BBC Sport Inggris. Ia mengaku dapat informasi langsung dari team owner Yamaha Tech3 Herve Poncharal. “Ia mengatakan Pol sangat berpotensi diambil Yamaha untuk musim 2014 dan Tech3 harus menampungnya pada tahun pertama. Isunya, Pol akan dapatkan motor pabrikan di Tech3 dan selanjutnya ikat kontrak dua tahun dengan timpabrikan Yamaha,” ujar Crutchlow.

Seperti ulasan maniakmotor.com sebelumnya, Espargaro ditengarai sudah punya kontrak awal dengan Yamaha pada musim 2014. Yang digantikan adalah Crutchlow yang habis kontrak tahun itu. Lebih jauh lagi, jagoan Moto2 itu disiapkan untuk jaga-jaga sebagai  pengganti Jorge Lorenzo atau Valentino Rossi andai kedua jagoan ini tak melanjutkan karir di Yamaha. Keduaya punya kontrak sampai ujung 2014. Jadi, kalau Rossi putuskan pensiun maka Espargaro otomatis masuk tim pabrikan pada musim 2015.

Memang hanya Crutchlow yang bisa digusur Yamaha di akhir musim ini. Rekan satu timnya di Tech3, Bradley Smith, yang juga jebolan Moto2 tahun lalu, terikat kontrak sampai akhir musim 2014. Karena itu, menarik menebak akan ke mana Crutchlow andai benar-benar disepak di akhir musim ini?

Dua kemungkinan besarnya. Bila performanya baik musim ini, ada tempat buatnya di tim pabrikan Ducati dan kembali berduet dengan Andrea Dovizioso. Pasalnya, kontrak Nicky Hayden pupus akhir 2013 nanti. Jika Hayden tak bisa digusur, peluang lain adalah Suzuki yang akan masuk lagi ke MotoGP pada musim 2014.

Dan, Crutchlow yang tengah galau itu tentunya sadar kalau dua opsi itu bisa ia petik kalau musim ini tak memble di lintasan. Jadi, yang diperlukan hanya bukti. Ayo Bro, teruslah bikin kejutan! Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Jelang Le Mans Prancis; Pedrosa Penguasa Sirkuit, Sesumbar Rossi Simpan Dulu

MotoGP: Tak Ingin Dicolong Honda, Yamaha Amankan Espargaro, Untuk Mengganti Rossi

MotoGP 2013 Jelang Jerez: Lebih Kencang dari Rossi, Crutchlow Harus Ambil Kesempatan

Motogp 2014: Sudah Siapkan Pacuan 1000 CC, Suzuki Matangkan Program Tes

BAGIKAN