nhk

MotoGP 2013: Di Motegi, Stoner Mantapkan SSG Honda?

ManiakMotor – Dalam rilis resmi HRC, tugas Casey Stoner pada hari pertama di Twin Ring Motegi adalah menguji dan mendalami RC213V spek 2013 di sesi pagi. Sore harinya menguji pacuan prototype 2014 dan sejumlah komponen penting.

Sayang, jadwal itu berantakan karena serangan hujan lebat di trek Jepang itu. Stoner hanya melaju 6 laps. Pemegang dua gelar dunia MotoGP itu tak bisa banyak omong kecuali bilang senang naik motor MotoGP lagi dan berharap cuaca cerah pada hari kedua, Rabu (7/8) ini.

Yang menarik digarisbawahi adalah ‘komponen penting’ yang disebutkan di atas. Komponen apakah itu? Tak ada tanda-tanda apa pun di hari pertama, apalagi pernyataan resmi karena pastinya itu sangat rahasia. Namun, mengingat isu santer teknologi MotoGP saat ini adalah SSG, maka sangat patut dicurigai kalau komponen yang dimaksud adalah SSG milik Honda yang sudah dibangun sejak musim 2011, tahun pertama Stoner di Repsol Honda dan meraih gelar dunia yang kedua setelah bersama Ducati pada 2007. Asumsinya, Stoner amat paham soal SSG versi Honda itu.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Alasan kedua, program tes Stoner terkesan mendadak dan itu hanya beberapa saat setelah Yamaha mengumumkan bakal ngetes SSG di Brno. Alasan ketiga, dan sangat teknis berkaitan dengan SSG, adalah pemilihan Motegi sebagai ajang uji coba. Sirkuit dengan 14 tikungan ini dikenal sebagai trek terbanyak menggunakan gigi rendah.

Semua terbilang tikungan lambat dengan speed antara 65 km sampai 95 km/jam. Rinciannya sebagai berikut: 4 tikungan dilalui dengan gigi 1, 6 tikungan dengan gigi 2, dan sisanya bisa dilibas dengan gigi 3, 4, dan 5. Lintasan lurusnya yang hanya 762 meter. Artinya, keseluruhan trek ini menuntut akselerasi terus-menerus, hampir di seluruh bagian lintasan. Kesimpulannya, tipikal Motegi sangat cocok menguji keandalan SSG yang fungsinya memang untuk bikin akselerasi jalan terus.

Tapi apa iya, SSG Honda yang sudah oke masih ditest lagi. Yang justru harus diperbaiki Stoner pada protipe RCV 2014 adalah menandingi Yamaha di trek cepat. Karena di situ kekalahan Honda selama ini. Wah serba gelap seperti motor Stoner yang hitam. Pokoknya kian asyik ditunggu dan siapa tahu test Motegi murni kembalinya Stoner ke lintasan untuk dapat wild card di seri 16 Philips Islan, Oztrali. Ya, kenapa nggak di negaranya aja latihan, agar langsung dapat feeling sesuai wild card-nya. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013: Mau SSG atau Tidak, Mulai Indianapolis Lorenzo Kudu Agresif

MotoGP 2013: Tak Peduli SSG Yamaha, Marquez Tunggu Kenyataan

MotoGP 2013: Stoner Sudah Coba Motornya Di Motegi, Belum Ada Hasil

MotoGP 2013 Tes SSG M1 Rossi-Lorenzo Brno; Marquez Hanya Takut SSG Pedrosa

 

BAGIKAN