nhk

MotoGP 2013: Doohan Dukung Stoner Balik ke MotoGP

ManiakMotor – Berita bakal kembalinya Casey Stoner ke MotoGP,meski hanya jadwal tes, menjadi santapan heboh koran-koran Australia. Mick Doohan, rider Aussie yang pegang 5 gelar juara dunia kelas primer pun angkat bicara.

Untuk mengingatkan saja, Bang Doohan ini juara dunia GP500 berturut-turut dari musim 1994 sampai 1998. Ia pentolan Repsol Honda masa itu. “Saya tak kaget jika Casey merindukan balap motor lagi. Itu perasaan yang selalu menerpa orang-orang seperti kami. Saya menghargai alasan pribadinya untuk pensiun musim lalu, tapi sungguh menyenangkan melihatnya naik motor balap lagi,” kata Doohan yang juga mentor Valentino Rossi saat di Repsol Honda.

Lebih jauh Doohan bicara soal kesempatan Stoner menjajal RC213V di Brno, Agustus nanti. Ia tegaskan HRC tak punya rencana untuk menyiapkan wildcard buat Stoner di GP Australia, di mana Stoner selalu berjaya dan pujaan di sana. Menurutnya, Stoner ke Brno nanti hanya untuk mengevaluasi RC213V. 

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Maklum itu motor perah ikut dibangunnya dan kini digunakan Dani Pedrosa dan Marc Marquez. Masukan dari Stoner tentu diperlukan untuk pengembangan motor itu mengingat besarnya peran juara dunia  2007 dan 2011 itu dalam merancang-bangun RC213V. “Shuhei Nakamoto (Vice President HRC) juga ingin Stoner ikut menguji pacuan prototype 2014,” katanya yang banyak makna dalam ajakan tersebut.

Bagi media Australia, itu tentu berita besar. Usia Stoner yang baru 28 dinilai masih sangat layak tarung berebut gelar di MotoGP dan bahkan dengan usia itu saat matang-mayangnya seorang riders. Setahun tak menunggang motor tak akan banyak memengaruhi proses adaptasi ulangnya.

Dan, prestasi di balap mobil V8 pun ikut disinggung-singgung. Stoner dinilai bakal berat bersaing di kompetisi itu karena rumitnya mengemudikan mobil V8. Perlu pendalaman beberapa musim sebelum bisa berlaga ke papan atas. Pada musim ini, misalnya, posisi Stoner terpuruk di peringkat 24 padahal ia belum masuk kelas utama.

Jadi, ketimbang buncit di balap mobil, sebaiknya balik ke balap motor karena HRC selalu buka pintu baginya. Kira-kira begitu kali yak? Ya, siapa tahu setelah jajal RC213V lagi, ia justru kepengin balik benaran. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013: Stoner Jadi Test Rider Honda, Bukan di Brno

MotoGP 2013: Rossi Yakin Marquez Bisa Lebih Hebat Darinya

MotoGP 2013: Stoner Balik ke Honda, Geber RC213V di Brno

MotoGP 2013 Laguna Seca (Race): Lorenzo – Pedrosa Istirahat Total, Bersiap Kejar Marquez

MotoGP 2013 Laguna Seca (Race): Insiden Corkscrew, Rossi Sindir Bos Honda

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353