nhk

MotoGP 2013: Dovi Bersaksi, Honda Memang Oke

ManiakMotor – Sepanjang 14 lap atau separoh lomba GP Prancis di Le Mans lalu Andrea Dovizioso (Ducati) bisa melawan Dani Pedrosa (Repsol Honda). Mereka hujan-hujanan sembari salip-salipan. Dan, inilah kata Dovi.

Kalau ia memuji Pedrosa dan RC213V, bukan karena Dovi eks pembalap Repsol Honda. Karena ia mencermati semua pergerakan Pedrosa saat Ducati Desmosedici GP13-nya berada di buntut RC213V. Ia akui, pacuannya memang kalah paten ketimbang Honda, khsusunya saat lintasan mulai kering. Namun, ketika lintasan masih basah dan banyak genangan air pun, Dovi akui kekagumannya pada kelincahan dan kestabilan si Honda. Ia perhatikan itu dari dekat, saat menempel Pedrosa di racing line yang sama.

Maka ia pun bersaksi betapa mudahnya Pedrosa mengontrol laju motornya dengan keseimbangan yang menakjubkan. Kala pembalap lain begitu mudah bikin kesalahan dalam situasi macam itu, Pedrosa malah sebaliknya. Pedrosa pun bikin beberapa kesalahan, kata Dovi, tapi tidak separah yang lain dan kesalahan itu pun bisa dikoreksi dengan cepat. Kesimpulannya, tak heran kalau sejak pertengahan lomba tak ada yang mampu mengejar Pedrosa hingga garis finish.

“Ia bisa lakukan pengereman lebih keras dan lebih dalam, di setiap tikungan ialebih cepat dari saya. Memang tak semuanya sempurna karena saya kira ada tiga kali ia bikin kesalahan dan hampir slip saat menikung. Dalam kondisi lintasan seperti itu memang mudah sekali kehilangan grip di roda belakang. Ketika saya bisa melewatinya, itu tak lain karena ia bikin kesalahan. Motornya lebih cepat dari saya,” aku Dovi yang dari posisi kedua akhirnya turun jadi finisher ke-4 dan merupakan hasil terbaiknya dalam 4 race yang sudah bergulir.

Pengakuan Dovi menjadi pengesahan mutlak dari seluruh pendapat yang bilang pacuan Pedrosa memang paling top saat itu karena ia yang sempat bertarung rapat. Start dari urutan 6, Pedrosa hanya perlu beberapa detik untuk masuk ke-3 depan hanya dalam beberapa detik.   Bukan hanya Dovi, pesaing berat macam Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi mengkui kehebatan Pedrosa kali ini sekaligus geleng-geleng lihat stabiltas dan kelincahan RC213V. Habis geleng-geleng, pastinya dua pentolan Yamaha ini harus berjuang lebih keras agar tak lagi dibikin celeng pada race berikutnya. Apalagi itu adanya di GP Italia, Mugello. Itu kandangnya Rossi lho! Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013; Rossi Sangat Menyesali Hasil Le Mans..!

MotoGP 2013: Nyaman Dengan ‘Bonus’ 3 Kg, Pedrosa Kembali ke Jalur Juara

MotoGP 2013 Le Mans Prancis (Race): Babak Baru Crutchlow, Sempat Takut Lihat Marquez

MotoGP 2013 Le Mans Prancis (Race): Gagal Podium, Dovi Tetap Hepi Kok

 

BAGIKAN