nhk

MotoGP 2013: Espargaro Harus Siap Gantikan Rossi, Pembibitan Yamaha

 

 

ManiakMotor – Yamaha Tech3 dan Yamaha Factory Racing (YFR) tentu saja berhubungan. Hubungannya ya bisnis racing di MotoGP. Tech3 adalah penopang YFR. Lepasnya Cal Crutchlow dari Tec3 ke Ducati juga sedikit banyak dan banyak bangat ada peran YFR di situ. Tidak semata-mata dilepas begitu saja oleh Tech3.

Buktinya Bos Tech3 Herve Poncharal sedih Crutchlow meninggalkan timnya. Dari prestasi tahun ini pembalap Ingriss itu meyakinkan. Tapi program jangka panjang YFR pada regenerasi harus jalan terus. Jembatannya ya Tech3. Persoalan Crutchlow merengek gaji dan motor setara pabrikan tanpa dihiaraukan YFR dan Tec3 tak bisa berbuat apa-apa. Ada tawaran yang menggiurkan ya sikat.

Kira-kira begini. Untuk saat ini Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi cukup untuk prestasi, cukup pula untuk ikon promosi Yamaha. Dalam  waktu mendesak belum butuh pembalap sekaliber Crutchlow. Di sisi lain, Cal bukan pembalap muda yang harus ‘dipelihara’. Umurnya sudah menjelang 28 tahun.  Kendati Dorna mengumumkan boleh pabrikan pelihara 4 pembalap dalam satu tim, YFR bergeming.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Karena YFR telah siap-siap dengan program tunas muda. Jangan sampai kalah langkah seperti yang dilakukan  Honda terhadap Marc Marquez. Apalagi YFR sudah teken kontrak dengan Pol Espargaro yang berkekuatan hukum tetap. Ada tempelan materai 6.000 yang di warung sebelah di kertas MOU tersebut dan sulit diutak-atik, titik..!

Espargaro memikat Yamaha ketika tahun lalu bisa mengimbangi permainan Marquez. Intinya ia tak kalah garang dan berani melayani Marquez. Tapi belakangan rada kendur. Padahal telah digadang-gadang harusnya juara dunia 2013 di Moto2. Memang masih separuh kompetisi, Pol tertinggal 23 poin dari Scott Redding. “Pol (Espargaro) itu beda dengan Marc (Marquez), Marc pembalap istimewa,” jelas Crutchlow saat dia masih emosi dua bulan lalu lantaran tersingkir dari Tech3 gara-gara pembalap yang dibibit dari kompetisi Spanyol tersebut dan juga adik dari Aleix Espargaro, pembalap CRT.

Apa punlah itu, YFR sudah punya rencana. Diperkirakan dua pembalap Tech3 saat ini akan menggantikan kakak-kakaknya di YFR sekarang. Espargaro masih 22 tahun saat ini dan Bradley Smith masih 23 tahun. Terutama antisipasi pengganti Valentino Rossi yang dikejar umur. Hitungannya paling banyak Rossi bertahan tiga tahun ke depan.

Nah sanggup tidak Epargaro menggantikan nama besar  Rossi. Waktu yang menentukkan atau akan bergantian bibit muda yang menggoda YFR lagi. Sayang juga dalam gonjang-ganjing Crutchlow dan Espargaro, YFR belum kasih komentar apa-apa.  Ito

BACA JUGA

MotoGP 2013 Jelang Tes SSG M1 Rossi-Lorenzo Brno; Harusnya Berhasil Ada Burgess

MotoGP 2013: Tak Marah Pada Yamaha, Crutchlow Ingin Menang Buat Tech3

MotoGP 2013: Yakin Masih Jago, Rossi Nambah 2 Tahun di Yamaha, Sampai 2016

MotoGP 2013; Peluang Crutchlow Menaklukkan Understeering Ducati

MotoGP 2013: Poncharal Sedih Ditinggal Crutchlow, Espargaro Pastikan Diri di Yamaha

MotoGP 2013; Sentul Seri 2 Asia Talent Cup, Alberto Puig Pengawas Bakat


BAGIKAN