nhk

MotoGP 2013: Finish 1-2 di Sepang, Honda Belum Tenang

ManiakMotor – Duo Repsol Honda mengakhiri hari terakhir tes Sepang dengan posisi 1-2, Dani Pedrosa dan Marc Marquez. Masih ada dua ajang tes di depan, tes privat di Sirkuit Austin di Amrik dan latihan resmi Jerez di Spanyol.

Sementara ini hanyalah kepercayaan diri yang bertambah usai tes Sepang. Khususnya Pedrosa, belum bisa masuk zona tenang memasuki musim kompetisi 2013, musim yang disebut-sebut kesempatan terakhirnya menjadi juara dunia MotoGP atau tidak sema sekali. Hasil Sepang belum mencerminkan performa sesungguhnya antara RC213V pacuannya dengan YZR-M1 milik Yamaha plus dua joki pemegang gelar dunia, Jorge Lorenzo dan Yamaha.

Apalagi, catatan waktu tercepat saat tes kedua di Sepang masih milik Lorenzo, 2:00,282 yang dicetak pada hari kedua Rabu (27/2).  Sedangkan waktu tercepat Pedrosa adalah 2:00,562 pada hari terakhir kamis (28/2) sekaligus tercepat pada hari itu. Itu pun masih lebih lambat dari tes awal Februari, miliknya, 2:00,100.

“Secara keseluruhan hasil tes tiga hari ini sangat positif. Namun, masih ada sejumlah pekerjaan yang harus kami lanjutkan,” ujar Pedrosa tanpa merinci pekerjaan macam apa kira-kiranya. Yang jelas dalam dua hari terakhir, ia banyak menghabiskan waktu untuk setelan suspensi Ohlins.

Sepertinya masalah Honda saat ini memang di suspensi itu, sebab Marquez pun dapat tugas mengujinya secara khusus. Begitu pula pembalap tim satelit Honda, Stefan Bradl (LCR Honda) yang RC213V-nya juga pakai Ohlins.

Seperti Marquez bilang, saat ini Honda memang sudah punya pakem set-up patokan. Tapi, itu semua masih butuh diuji pada sirkuit-sirkut yang berbeda karakter dengan Sepang. Uji coba terdekat adalah sirkuit baru Austin yang masuk seri MotoGP kali pertama musim ini. 

Tes Austin berlangsung 12-14 Maret nanti sementara lomba di trek itu dihelat pada 19-21 April. Tes ini bisa jadi pertempuran langsung antara Honda dan Yamaha karena sejauh ini baru kedua tim elit itu yang siap tes di sana. Tim lain tak ikutan karena akan bikin tongpes alias kanton kempes. Datang untuk ‘main-main’ ke negeri koboi itu budget-nya tinggi.  Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013: Finish 1-2 di Sepang, Honda Belum Tenang

MOTOGP 2013: YZR-M1 VS RC213V, HEAD TO HEAD DI NEGERI KOBOI

MOTOGP 2013: LORENZO – ROSSI TUNGGU-TUNGGU GIRBOKS SSG

MOTOGP 2013 LATIHAN SEPANG (TEST 2): MENIT TERAKHIR MARQUEZ GUSUR LORENZO, ROSSI KE-4

MOTOGP 2013 LATIHAN SEPANG (TEST 2): MARQUEZ MULAI AKRAB DENGAN KECELAKAAN, KE-2 HASIL AKHIR

MOTOGP 2013 LATIHAN SEPANG (TEST 2); EMPUKNYA SETTINGAN SIMULASI PEDROSA

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353