nhk

MotoGP 2013 Gairah Valentino Rossi Usai Valencia, Total 2014

 

ManiakMotor – Belum terungkap siapa kepala mekanik Valentino Rossi musim 2014. Tapi, itu hanya tinggal pengumuman karena ia sudah punya pilihan sebelum mempensiunkan Jeremy Burgess yang  terlampau lama bersamanya. Tanpa Burgess, pastinya The Doctor akan muncul dengan senjata dan amunisi baru.

Rossi tak ingin membongkar alasannya mendepak Burgess karena hormat kepada opa yang sudah menjadi ayahnya  dunia balap itu. “Saya hanya butuh suasana baru, butuh penyegaran,” ujar The Doctor dan cuma itu alasannya. Tapi, tak sulit tebak alasan sesungguhnya. Yakinlah terkait prestasi musim ini yang hanya petik satu kemenangan, itu pun karena Jorge Lorenzo yang tengah cidera di Assen. VR46 penasaran M1-nya tak kunjung menyaigi M1 Lorenzo. Sebagai juragan tim mekanik, jelas itu tanggung jawab Opa Burgess yang masuk usia 60 tahun dan memang sudah saatnya pensiun.

Dalam usia segitu, Burgess dinilai terlampau lelet mengikuti perkembangan teknologi yang begitu pesat di MotoGP. M1 saat ini sangat jauh brbeda dengan M1 era Rossi – Burgess memetik 4 juara dunia bersama Yamaha dahulu. Sekarang M1 bermesin 1000cc, sistem elektrik dan elektronik serba baru, sasis, lengan ayun, suspensi, pengereman dan sebagainya telah berubah yang harus segera ‘diinstal’ Burgess. Loading nggak boleh lama….

 Belakangan bahkan pakai SSG pula dalam girboknya yang pasti akan memengaruhi pada set-up terhadap karakter menyeluruh M1. Menyesuaikan diri dengan semua itu, mungkin saja Opa Burgess sudah terlalu uzur. Terus  daya tangkap dan analisanya tak setajam dulu, saat duet awal dengan Rossi di Honda (2000-2003) dan Yamaha (2004-2010) yang menghasilkan tujuh gelar dunia.  

“Hingga seri penutup Valencia,  saya tak sanggup melawan tiga pembalap terdepan. Awal balapan sempat bagus selepas start, tapi setelah itu kedodoran. Saya tertinggal 0,2 atau 0,3 detik dari Jorge. Itu juga alasannya sepanjang musim ini tak bisa bertarung berebut pole position, gelar juara, dan akhirnya gelar dunia,” ujar The Doctor seusai GP Valencia yang masalah teknisnya terbilang sama sepanjang tahun, yakni pengereman dan stabiltas motor yang tak sanggup dipecahkan.

Meski begitu gairah The Doctor tetap terjaga. Empat besar dalam proses adaptasi ulangnya dengan M1 bukanlah hasil yang jelek-jelek amat. “Saya ingin lebih. Saya ingin pacuan lebih kencang agar tahun depan bisa lebih sering bertarung total untuk podium. Itu target 2014,” tegasnya.

Caranya, Bung? Salah satunya dengan mengganti Burgess dengan sosok yang lebih segar. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2013; Galbusera Jadi Chief Mechanic/Mekanik Baru Rossi 2014

Hasil MotoGP Valencia Spanyol 2013, Semua Sesi & Kelas, 8 – 10 November

MotoGP 2013 Valencia: Lorenzo Ikhlas, Marquez Juara Dunia Menari Poco-Poco

Marquez Juara MotoGP 2013 (Pasca Valencia): Tiga Gelar Dunia Dalam 4 Tahun, Rossi Baru

Marquez Juara Dunia MotoGP 2013 Di Valencia: Gelar Ke-4 Buat Spanyol

Marquez Juara MotoGP 2013 Di Valencia: Rekor Termuda, Spencer Turut Bangga

 

BAGIKAN