nhk

MotoGP 2013; Gawat..! Rossi Dan Lorenzo Sudah Pakai 4 Biji Mesin, Jatahnya 5/Tahun

 

ManiakMotor  – Setahun setiap pembalap MotoGP dijatah 5 mesin. Jika 18 seri MotoGP dibagi 5, setiap mesin rata-rata dipakai maksimum 4 seri dan minimum 3 seri. Tetapi Yamaha Factory Racing (YFR) baru seri 6 sudah memakai 4 mesin untuk setiap pembalapnya. Bandingkan dengan Honda yang belum  menggunakan separuh dari mereka, dengar-dengar sih baru 1,5  mesin. Maksudnya sudah ada 1 pembalap mereka menggunakan 2 mesin, satu pembalap lagi bari 1.  Walah-walah…

YFR membenarkan hal tersebut, tapi tidak khawatir. “Benar! Tim memiliki masalah cadangan mesin pada setiap pembalap. Untuk  jaga-jaga dan penghematan, teknisi memutuskan jangan sampai membuka segel mesin ke-4. Di saat sama, sudah harus menyiapkan mesin ke-5, itu wajib,” terang Massimo Meregalli, Direktur YFR. Kalau itu segel dibuka, artinya sudah tak bisa dipakai, bro. Nggak tahu deh jadi limbah dan masuk ke Indonesia, hehe.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Cuma tidak dijelaskan mesin ke-4 ini baru akan dipakai di Assen atau sudah digunakan di Catalunya kemarin, sehingga sudah mewanti untuk tidak mengutak-atik mesin ke-4. Kalau benar baru akan digunakan di Assen, komposisi pembagian mesin YFR saat ini pun telah menggunakan di bawah minimum.

Jorge Lorenzo, pembalap utama YFR juga ikut bicara soal mesin ini, katanya ada satu mesin yang harus diperiksa lebih detil, sehingga segelnya harus dibuka.  “Ada beberapa persoalan  pada mesin tersebut. Tapi, secara teori ndak ngaruh, karena segel-segel mesin lain masih utuh,” jelas Lorenzo pada CrashNet. Artinya kalau sudah kepepet, mesin-mesin yang pernah dipakai pun masih oke dan pada dasarnya masih layak pakai.     

Apa pun itu, keuntungan buat Honda. Sayap tunggal ini leluasa pasang strategi. Bila diperlukan, di ujung-ujung seri saat poin genting, mereka akan beruntun pakai mesin segar. Sedang Yamaha sudah kehabisan stok alias dipaksa menggunakan mesin yang pernah digunakan. “Tetapi insinyur kami tahu cara-cara memperpanjang usia mesin, sehingga tidak perlu tambahan mesin dari kuota lima mesin. Asal saja tidak terjadi kecelakaan berat,” jamin Miragelli.

Sekadar catatan, bila pembalap menambah 1 mesin dari 5 mesin yang telah dijatah, pembalap bersangkutan kena penalti start dari pit line. Ia baru bisa start 10 detik setelah lampu start redup. Ya, lihat saja sampai seri-seri akhir. Ito  

BACA JUGA

MotoGP 2103 (Tes): Ganti Swing Arm dan Fork Baru, M1 Rossi Langsung Oke

MotoGP 2103 Aragon (Tes): Pedrosa Ogah Beralih ke RCV Spek 2014

MotoGP 2013: Yang Aneh-Aneh Dari Anehnya Rossi

MotoGP 2013: Ducati Lama Vs Baru, Sama-Sama (Tak) Mantap

MotoGP 2103 Aragon (Tes): Dominan Hitam, Honda Luncurkan Pacuan 2014

 

BAGIKAN