nhk

MotoGP 2013: Giliran Dovi Bicara, Penyakit Ducati Masih Understeer

ManiakMotor – Understeer itu, saat motor dipaksa cepat menjejak racing line, motor malah keluar (out) atau melebar. Agar sesuai dengan racing line, terpaksa pembalap memelankan motornya. Undesteer yang parah adalah saat off throttle dan on throttle, maksudnya ketika gas ditutup untuk masuk tikungan dan saat gas dibuka keluar tikungan, gejalanya sama. Ya sama-sama motor mau out. Itu yang dialami Ducati semasa Valentino Rossi dan berlanjut ke era Andrea Dovisiozo sekarang ini. Ke mana para insinyur Ducati?

“Saya sudah lakukan tes dan berikan banyak masukan, mungkin juga terlalu banyak masukan. Kini berpulang kepada para insinyur Ducati untuk mengolahnya. Karena problem terbesar masih tetap understeer, terutama saat motor melaju di tengah-tengah tikungan. Maunya lurus terus,” ujar Dovi yang jadi generasi ketiga Italia yang ditugasi mendongkrak performa tim pabrikan Italia itu. Sebelumnya Loris Capirossi dan kemudian Rossi yang punya tugas.

Setelah total enam hari pol-polan menguji Desmosedici GP13 di Sepang, Malaysia, Dovi menilai sangat banyak area teknis yang harus dibenahi Ducati. Tapi, yang paling bermasalah adalah understeer itu tadi. Catatan waktu Ducati banyak hilang di sektor itu. Boro-boro mempertahankan atau meningkatkan kecepatan, yang harus dilakukan pada momen itu justru harus memelankan motor. Bila tidak, ya ke gravel.

Eks rider tim Repsol Honda dan Monster Yamaha Tech3 itu mengaku tak kaget dengan buruknya performa Ducati dibandingkan Honda dan Yamaha. “Untuk saat ini kami tak mungkin melawan Honda dan Yamaha di jajaran atas. Itu kenyataannya dan semua orang bisa melihatnya. Itu sama sekali tak mengejutkan,” tegasnya.

Tapi, kata Dovi nih, ia masih punya keyakinan Ducati akan lebih baik lagi dengan berbagai rencana pengembangan yang sudah diprogram. Hasil tes Sepang 2 misalnya, sudah lebih kencang dari Sepang 1 berkat perubahan konstruksi rangka dan tangki bahan bakar yang membuat distribusi bobot lebih mumpuni.Tetapi tidak lebih cepat dari rekor Ducati sendiri saat seri MotoGP di Sepang, tahun lalu.

Kerja elektronik pasokan Magneti Marelli, Dovi nilai tak bermasalah. Dan, itu semua  dicoba spek mesin yang sama. Intinya, hanya masalah understeer itu yang jadi problem besar. Jika itu bisa dibenahi pada tes terakhir di Sirkuit Jerez, Spanyol, akhir Maret nanti maka Dovi percaya Ducati sudah bisa lebih mendekati tim Honda dan Yamaha. Setidaknya tak lagi keok oleh tim satelit seperti sekarang ini. Andro

Berita Terkait

 MotoGP 2013: Tes Austin, Duit dan Pertimbangan Teknis di Belakang Ducati

MotoGP 2013; Ducati Mengaku Kencang Sebenarnya Pelan, Filippo Preziosi Out

MotoGP: Dapat Warisan Buruk Rossi, Dovi Tak Menyesal

MotoGP 2013, Understeer Tetap Penyakit Ducati

Tes MotoGP: Ditinggal Valentino Rossi, Ducati Malah Kencang

BAGIKAN