nhk

MotoGP 2013 Hasil Test SSG M1 Brno; Kata Rossi Sangat Tegang Sekali..!

 

ManiakMotor – Ada potongan-potongan kalimat yang bisa diraba dalam test seamless shift gearbox (SS) M1 di sirkuit Brno, Ceko, 6 – 7 Agustus. Kalimat itu datang dari twitter ValeYellowVR46. Namanya juga kata twitter hanya kicauan, tapi dari kicau-kicau ini, bisa saja benar adanya. Maklum sampai saat ini belum ada pernyataan resmi Yamaha soal testing mereka di Brno.

Entah Vale sendiri yang berkicau atau hanya adminnya yang jelas itu gambaran suasana dua hari testing di Brno. Katanya dalam twitter itu trek Brno sangat panas untuk ukuran Eropa mencapai 32oC, namun kurang jelas panas trek atau suhu sekitar. Dengan panas segitu, The Doctor mencoba beberapa kombinasi ban. Ya begitu saja bunyinya tanpa penjelasan.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Coba ditiinjau, gonta-ganti ban tersebut pasti berhubungan dengan SSG, kan tujuan test privat dari Yamaha Factory Racing (YFR) ini untuk teknologi girboks anyar mereka. Kayaknya – ini hanya kayaknya loh – YFR sedang melakukan simulasi dengan berbagai kombinasi karet hitam. “Sangat penting testing Brno untuk paruh musim kedua tahun ini ke depan. Ketegangan sangat terasa di sini (Brno),” jelas Rossi dalam kicauan susulan di akun twitternya yang diupdate pada 7 Agustus kemarin.

Silakan baca baik-baik soal ‘sangat penting dan paruh kedua tahun ini’ yang kata Rossi di twitternya itu.  SSG M1 memang diupayakan dugunakan paruh musim di 9 seri sisa 2013. Pernyataan Lin Jarvis, direktur YFR yang mengumumkan sebelumnya dan katanya untuk tahun depan hanyalah diplomatis. Entalah?

Yamaha memang wajib mengejar ketertinggalan mereka dalam selisih poin saat ini. Tidak main-main selisih poin Jorge Lorenzo yang telah berbeda 1 seri dan 1 angka atau 26 poin dengan Marc Marquez. Lalu tertinggal  10 poin dari Dani Pedrosa from Repsol Honda Team. Selisih yang tidak mudah dalam persaingan yang imbang dan ketat.

Sedang kata ‘tegang’ menggambarkan soal berhasil tidaknya itu alat dalam pengetesan. Tegang yang kedua karena jaminan safety-nya adalah Rossi dan Lorenzo sendiri. Maklum girboks pecah atau macet, cilaka 12, motor seperti tabrak tembok karena roda akan terkunci tanpa bisa dikendalikan dari tuas kopling. Itu yang bikin tegang. Sekali lagi itu hanya analisa dari kicauan twitter. Ito

 

BACA JUGA

MotoGP 2013; Hasil Test SSG M1 Brno; Rossi Penting, Lorenzo Banyak Menguji

MotoGP 2013 Test SSG M1 Rossi – Lorenzo Brno; Sangat Rahasia Rupanya, Belum Ada Hasil

MotoGP 2013: Daftar Kontrak Pembalap Premier Class 2014

MotoGP 2013 Test Motegi; Suzuki Coba-Coba Doang Dua Sasis

MotoGP 2013: Tuntaskan Tes Motegi, Stoner Uji Ulang Pacuan Aragon

   

BAGIKAN