nhk

MotoGP 2013; Hasil Test SSG M1 Brno; Rossi Penting, Lorenzo Banyak Menguji

 

ManiakMotor – Belum banyak yang bisa digali dari hasil test seamless shift gerbox (SSG) M1 di sirkuit Brno, Ceko, 6 – 7 Agustus 2013. Yamaha Factory Racing (YFR) belum sempat mengeluarkan rilis secara resmi. Mungkin masih sibuk lebaran, hehehe. Yang ada cuma sekelumit kalimat pendek di twitter/facebook Vantino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Juga ada foto dan video versi amatir. Termasuk melintasnya seekor rusa di sirkuit Brno, yang tidak dijelaskan si rusa ikut pakai SSG atau tidak? Cuma katanya di status Lorenzo itu rusa penggemar MotoGP. Lanjut, toh dari kalimat  status mereka adalah suasana hati. Kemarin telah dilansir Rossi di statusnya bilang testing yang sangat penting untuk menghadapi sisa seri tahun ini dan juga sangat tegang yang tensinya tinggi.

Sedang Lorenzo malah lebih singkat, “Test sejak pagi ini menguji sebanyaknya,” kata status Lorenzo pada hari pertama di Brno. Maksudnya sepuasnya geber motor yang pakai  SSG  sampai dapat semua kombinasi set-up pendukung yang pas dengan SSG. Mudah-mudahan begitu, tujuan kalimatnya.     

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

SSG Yamaha ditunggu penggemar MotoGP, lantaran diprediksi akan bikin pertarungan sisa seri tahun ini kian ketat. Namanya ketat berarti layak ditunggu beritanya dan asyik ditonton pula lombanya, ada unsur ketegangan di situ. Di sisi lain Honda lewat Casey Stoner dicurigai juga melengkapi senjatanya untuk melawan Yamaha di trek cepat. Jadinya imbang.

Yang pasti soal safety seperti yang dikhawatirkan Lin Jarvis, direktur YFR saat mengumumkan test Brno, berhasil dilewati. Buktinya, Lorenzo bilang ia menguji sebanyaknya yang berhubungan dengan daya tahan. Bukti keduanya kedua pembalap YFR sudah pulang ke rumah masing-masing dengan sehat walafiat.

Tetapi belum ada kata wantap dari Rossi. Juga kalimat seperti doski menemukan solusi distribusi bobot saat test di sirkuit Aragon yang tak sabar mencobanya di lomba. Ya kalimatnya itu tadi, testing yang sangat penting untuk sisa seri tahun ini. Itu sama saja SSG akan diguinakan tahu ini juga dong. Tidak seperti pengumuman sebelumnya untuk 2014. Kalau bisa, digunakan di Indianapolis, 18 Agustus mendatang untuk seri 10 MotoGP, lantaran sirkuit itu juga banyak menggunakan gigi rendah ke tinggi. Itu kolo bisa.

Maklum SSG bukan sejenis susu anak-anak yang bikin pintar, tapi ini bikin cerdas girboks saat terjadi perubahan gigi. Ilmu kira-kiranya, sebelumnya memutus pengapian, sehingga tekanan pada girboks kendur memudahkan gigi rasio berpindah ke gigi berikutnya, versi SSG tidak begitu. Di SSG proses motor bakar tetap berlangsung karena sepenuhnya pada mekanisme gigi. Gigi-gigi ini terus berputar walau digeser-geser oleh sepatu pengungkit rasio.

Eh ngomong-ngomong hasilnya gimana. Ah tunggu saja. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2013 Hasil Test SSG M1 Brno; Kata Rossi Sangat Tegang Sekali..!

MotoGP 2013: Daftar Kontrak Pembalap Premier Class 2014

MotoGP 2013 Test SSG M1 Rossi – Lorenzo Brno; Sangat Rahasia Rupanya, Belum Ada Hasil

MotoGP 2013 Test Motegi; Suzuki Coba-Coba Doang Dua Sasis

MotoGP 2013: Tuntaskan Tes Motegi, Stoner Uji Ulang Pacuan Aragon

 

BAGIKAN