nhk

MotoGP 2013: Hmmmm….Andai Valentino Rossi Juara di Circuito de Jerez!

ManiakMotor – Hasil fantastis Marc Marquez di GP Amerika memang luar biasa selaku pole sitter dan pemenang termuda kelas primer sepanjang sejarah. Sekarang, coba sampeyan bayangkan bila yang muncul juara di GP Spanyol, Jerez, 5 Mei nanti adalah Valentino Rossi! 

Publisitas keduanya pasti beda. Gemuruh pemberitaan dan perbincangan Marquez sudah tamat pada hari ketiga. Itu pun sebatas pada komunitas MotoGP,  dalam arti mereka yang memang rutin ikuti up-date balap motor paling prestisius itu. Marquez dalam hal itu memang belum ada apa-apanya dengan Rossi.

Beda dengan The Doctor. Lagi ngantuk-ngantuk saja di Ducati jadi sorotan. Kembali ke Yamaha jadi headline di mana-mana. Dan, finish runner-up di Qatar lalu menjadi sebuah kenyataan betapa Rossilah orangnya yang masih menjadi figur sentral sekaligus magnet MotoGP. Ia menjadi bintang,  sorotan, jauh lebih besar dari Jorge Lorenzo yang menjuarai seri itu.

Nama Rossi muncul di mana-mana, bahkan di media-media yang selama ini jauh dari hiruk-pikuk MotoGP. Bahkan kemarin ada di wc terminal, saat penulis numpang buang air kecil, hehe. Kalau mau bukti gampang, coba saja sampeyan tanya keponakan yang ndak suka nonton balap motor. Siapa itu Marquez dan siapa pula itu Rossi? Pasti yang ia tahu adalah Rossi, setidaknya tahu kalau kawan itu adalah pembalap MotoGP. Ayo, coba saja!

Suka atau tak suka, Rossi masih sangat penting di MotoGP. Mungkin tak lagi terbaik sebagai pembalap, tapi ia yang masih pegang kendali popularitas MotoGP. Singkatnya, MotoGP adalah Rossi dan Rossi adalah MotoGP itu sendiri. Bicara MotoGP sama saja bo’ong, jika tak ada Rossi di dalamnya, entah dia dupuja atau dicaci. Saat ini dia memang cacian hanya ke-6 di Austin kemarin.

Itu sebabnya, promotor Dorna Carmelo Ezpeleta pun ikut sibuk dan ‘bermain’ saat ada kemungkinan Rossi kembali ke Yamaha pada akhir tahun lalu.  Otak encernya di balik rambutnya uang hilang itu, langsung menghitung keuntungan di depan karena sadar hanya langkah itu yang bisa melambungkan kembali gairah penonton dan sponsor MotoGP.   

Gairah itu akan terjaga bila Rossi bisa kembali ke podium GP Spanyol pekan depan. Apalagi, jika ia jadi juara, maka Dorna tak akan perlu berjuang cari penonton di seri-seri berikutnya. Popularitas Rossi sudah jadi jaminan.

Mengapa Circuito de Jerez? Itulah seri terdekat, Coy! Lagipula, itu sirkuit salah satu trek favorit The Doctor meski adanya di negeri Spanyol, negara asal para musuh bebuyutan Rossi macam Lorenzo, Dani Pedrosa, dan Marquez sendiri. Akan jadi super spesial jika situasi seperti saat ini Rossi bisa menggulung para rider Spanyol di negeri mereka sendiri. Khususnya di Italia, itu akan jadi tulisan besar-besar di berbegai media dan bisa berlangsung berhari-hari.

The Doctor tak perlu data-data elektronik untuk bikin racing line di trek sepanjang 4,423 km dengan tikungan berjumlah 13 itu. Ia hapal betul sudut-sudut Jerez dan tahu persis harus bermain macam apa di atas jok motornya. Terlebih bulan lalu ia sudah tes M1 di sana dengan hasil selalu di papan atas untuk urusan kecepatan. Pesaingnya kala itu bukan Lorenzo, bukan pula pasukan Honda, tapi hanyalah Cal Crutchlow dari tim satelit Yamaha.

Sejak main di premier class pada 2000, The Doctor sudah 9 kali podium di Jerez, 6 di antaranya juara. Saat di Ducati saja ia bisa masuk 5 Besar, masa sih sekarang kembali ke M1 ndak bisa seperti dulu? Apalagi, karakter Jerez tak menguras stamina sekeras seri sebelumnya di Losail dan Austin.

Sebaliknya, bagaimana kalau The Doctor gagal di Jerez atau mungkin juga di seri berikutnya GP Prancis? Itu pun sebuah kemungkinan yang sangat terbuka meskipun Lorenzo, Pedrosa, dan Marquez jeblok pada saat tes resmi pra musim. Nah, di situlah otak bisnisnya Espeleta dan jajaran para ahli marketing dan public relations-nya di Dorna sudah berancang-ancang.

Kini Marquez didengang-dengungkan dengan julukan baru: The New Valentino Rossi. Maksudnya jelas, kalaupun nanti The Doctor tak sesukses yang diharapkan, namanya masih bisa diperdagangkan dengan mencangkoknya dalam diri Marquez sebagai Valentino Rossi Baru.

Kira-kira begitu, Coy! Meski Ezpeleta sendiri adalah Spanyol, tapi yang terbaik buat diri dan bisnisnya saat ini tak lain tak bukan adalah Rossi jadi juara di Jerez atau  minimal podium. Hanya dengan begitu serial balap berikutnya bisa terus ngejrengggg. Andro

Berita Terkait

Hasil Tes Jerez MotoGP 2013, 23 – 25 Maret 2013

MotoGP 2013; Marquez ‘Ogah’ Juara Dunia, Terkuat Pedrosa Dan Lorenzo, Tak Sebut Rossi

MotoGP 2103: Kalah Pakai Yamaha, Rossi Pol-Polan Pakai Toyota

MotoGP 2013 Jelang Jerez: Crutchlow, Ancaman Nyata Buat Valentino Rossi

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353