nhk

MotoGP 2013: Honda dan Ducati Pancing Redding Menuju Kelas Para Raja 2014

ManiakMotor – Empat musim di Moto2 sudah pantaslah Scott Redding naik pangkat ke MotoGP. Peluangnya pun sangat besar, bukan saja teknis tapi juga kaitannya dengan bisnis.

Pemain tim Marc VDS Racing itu memang tengah meroket. Bersama rider Inggris lainnya, Cal Crutchlow (Monster Yamaha Tech3) di MotoGP yang juga tengah naik daun, mereka bikin komunitas MotoGP Inggris terbangun dari lamunan panjangnya. Bukan apa-apa Cing, negeri itu memang sudah lama tak merasakan podium di ajang balap motor bergengsi ini.

Hebatnya lagi, Redding kini memimpin klasemen sementara Moto2 dengan keunggulan telak, 35 poin. Itu berkat dua kemenangan dan dua runner-up dari enam seri yang sudah digelar. Dalam usia yang masih 20 tahun, anak berbadan gempal ini pun jadi lirikan tim-tim MotoGP.

 Peluang pertama rencana Marc VS Racing sendiri untuk main di MotoGP dengan menyewa mesin YZR-M1 milik Yamaha dan meneruskan rangka Kalex yang sekarang dipakai tim. Gresini Honda pun kepincut dengan bikin skenario motor eks CRT-nya diganti dengan RC213V versi jualan Honda sehingga tetap meluncurkan dua joki di MotoGP.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Kabar terbaru, bos Repsol Honda Livio Suppo dan Ducati ikutan pancing Redding  bertarung di MotoGP. Suppo tak langsung bicara tempat di Repsol Honda, tapi penjenjangan. Ia tertarik dengan langkah Gresini merekrut Redding dan mengendarai RC213V komersial dan tahun berikutnya baru geber versi pabrikan. “Saat ini belum ada yang pasti dan terlalu dini berspekulasi. Tapi, Scott selalu menarik karena tim membutuhkan pembalap berpotensi,” papar Suppo yang eks pemimpin tim Ducati itu.

Ducati pun begitu dan sepertinya paling serius mendapatkan Redding. Maklum komposisi pembalapnya yang masih tak pasti. Nicky Hayden di tim utama Ducati akan habis kontrak akhir 2013. Ben Spies dan Andrea Iannone di tim satelit Pramac Ducati, hanya dikontrak setahun. Paling genting jok Spies yang musim ini banyak istirahat akibat cedera sejak GP Malaysia 2012. “Kami masih tertarik pada Scott dan tetap menjaga hubungan meski gagal bergabung pada tahun lalu,” kata bos Ducati Paolo Ciabatti.

Musim lalu Redding memang jalani tes untuk tim satelit Ducati, namun di saat akhir pabrikan Italia itu pilih Spies dan Iannone. Ketika itu juga ada negoisasi agar Marc VDS Racing jadi tim satelit Ducati, tapi juga gagal. “Sekarang pun terbuka pembahsan itu, apakah dengan pembalapnya saja atau sekalian kerja sama tim,” terang Ciabatti.

Dan, dukungan tak kalah penting datang dari Carmelo Ezpeleta, juragan Dorna. Ia aktif mengompori situasi agar Redding naik pangkat ke MotoGP. Pertimbangannya ya bisnislah Brosist!  Jika Redding dan Crutchlow main di MotoGP maka makin mudah buat Dorna jualan di seantero Inggris. Begitu saja kok, tapi gak repot! Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013; Nakagami Ke MotoGP Diincar Honda, Dua Indonesia..?

MotoGP 2013 (Jelang Assen): Seperti Rossi, Marquez pun Tak Sabar ke Belanda

MotoGP 2013 Assen Belanda (Jelang); Sirkuit Goyang Terus, Rossi Tak Sabar

MotoGP 2014: LCR Honda Tetap Dengan Pembalap Tunggal

BAGIKAN