nhk

MotoGP 2013: Honda Tunggu Pembeli RC213V 2014

ManiakMotor – Program baru MotoGP untuk melombakan motor-motor prototype versi komersial sepertinya kurang peminat. Lima RC213V dagangan Honda belum jelas siapa saja calon penggunanya.

Rencananya Honda akan memproduksi 5 unit RC213V secara utuh dan dijual dengan harga antara 800.000 sampai 1 juta poundsterling. Bedanya, versi jualan ini pakai ECU made in Magneti Marelli yang wajib dipakai semua tim di luar tim pabrikan. Juga tanpa klep pneumatik. Tim pembeli tinggal pilih balapan dan tukang oprek untuk setingannya, sementara dukungan teknis ditanggungjawabi pihak Honda.

Setidaknya saat ini RC213V KW3 (karena speknya di bawah tim pabrikan dan tim satelit) baru dipastikan dibeli satu unit oleh Gresini untuk menggantikan formasi tim CRT-nya (FTR Honda) yang dibesut Bryan Staring. Untuk tim satelitnya, ya pakai pasokan tim pabrikan sebagaimana kondisi yang diterima Alvaro Bautista musim ini.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Di Laguna Seca lalu, dua tim (Aspar dan Paul Bird Motorsport) memang bernegoisasi dengan bos Honda Livio Suppo untuk program 2014. Mereka pada dasarnya berminat pakai RC213V versi jualan, namun belum final. Harga jual yang mencapai kisaran Rp 15 miliar per unit itu ditengarai jadi penyebab sepinya calon pembeli. Mengingat kondisi ekonomi akibat naiknya bensin, loh?

Sbelumnya, bos Aspar pun prioritaskan Aprilia yang dipakai saat ini dengan catatan naik jadi tim pabrikan. Jika tidak, Honda jadi pilihan. “Menjual habis kelima unit itu sepertinya sulit. Beberapa tim mungkin cukup puas dengan mesin yang mereka miliki saat ini. Kalau produksi kami bisa 3 atau 4 unit menghiasi grid musim depan, itu sudah bagus,” ujar Suppo.

Musim ini sejumlah tim CRT menggunakan mesin-mesin Honda, Aprilia, dan Kawasaki yang tarung di kancah WSBK namun sasisnya prototype MotoGP. Mereka bisa saja bertahan di MotoGP musim depan, namun namanya bukan lagi CRT (entah apa nanti sebutannya, sementara ini disebut tim nonpabrikan). Konsekuensinya ya ndak kompetitif. Jangankan lawan tim pabrikan dan satelit, lawan pengguna mesin jualan Honda atau mesin yang disewakan Yamaha pun berat. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013; Mesin Ke-5 M1 Rossi-Lorenzo Disimpan Untuk SSG..?

MotoGP 2014: Regulasi Baru Buka Celah Stoner ke Repsol Honda

MotoGP 2013: Andai Crutchlow ke Ducati, Mantaplah Itu

MotoGP 2013: Regulasi Baru 2014 Ditetapkan, Suzuki Masih Puyeng

MotoGP 2013: Aprilia Digoda Jadi Tim Pabrikan 2014

 

 

BAGIKAN