nhk

MotoGP 2013 Indianapolis Amerika (Jelang): Rossi Latihan Garuk Tanah Sebelum SSG..!

ManiakMotor – Wajib latihan pakai motor motocross bagi Valentino Rossi. Refleks bantingan motor, akselerasi mesin dan fisik bisa didapat sekaligus dengan permainan garuk tanah ini. The Doctor akhir-akhir lebih banyak memainkan supermoto atau sebelas dua belas dengan dirt track ketimbang motocross benaran.

Lihat saja lingkar roda depan belakang yang hampir sama adalah supermoto, bannya juga bukan tahu, cacing iya. Sabtu lalu atau 10 Agustus, Rossi latihan tekun di  Ranch atau tanah miliknya di dekat rumahnya di Italia sana. Saban waktu doski ambil motor dan gas di situ bersama kerabat dan bahkan sesekali mengajak pemain profesional MotoGP dan garuk tanah.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Dalam aksi foto dan video yang diupload di VR6, ia mempertajam belok dengan roda belakang. Itu otomatis selalu mengrokesi roda depan dengan arah yang berlainan. Maksudnya tikungan ke kiri tapi roda depan malah mengarah ke kanan. Sementara roda belakang menggeser banyak ke sisi kanannya. Taktik yang sepenuhnya feeling putaran mesin, kelenturan pinggang dan pokoknya keseimbangan belok deh.

Ia menggunakan Yamaha YZ450F yang special engine, itu kalau tidak salah. Untuk ukuran bermain di tanah, hendlingnya ya bisalah diumpamakan MotoGP. Menikung di tanah berbeda dengan aspal, brosist. Aspal sepenuhnya soal grip yang mulus. Di tanah segrip-gripnya, roda tetap geol-geol dan mantul-mantul. Di situlah latihan fisiknya untuk selalu menenangkan motor yang sepanjang lintasan tidak pernah tenang, kan tanah.     

Asal tahu saja, aksi turun kaki yang banyak digunakan pembalap MotoGP saat ini munculnya dari Rossi. Ia sendiri meminjam teknik itu dari motocross. Kaki turun sebelah searah belokan, sementara kaki lain mengapit tangki bahan bakar dan menekan pijakan kaki untuk membantu motor menikung tajam. Jurus paling nyaman di motocross dan ternyata bisa digunakan di aspal seperti foto-foto Rossi lagi in action.  

Sebelum GP Indianapolis, 18 Agustus ini dan sesudah melakukan uji seamless shift gerbox (SSG) di sirkuit Brno, Rossi kayaknya giat main supermoto. Buat siap-siap menghenling SSG dan kerja keras mengejar poin klasemen yang posisinya ke-4 dan tertinggal 47 poin dari Marc Marquez yang pertama. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis; Rossi Terima Tantangan, Yamaha Belum Terus Terang SSG

MotoGP 2013 Indinapolis (Jelang); SSG M1 Rossi-Lorenzo Berubah Jadi Senjata Strategi

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis: Merasa Santai, Marquez Tantang SSG Yamaha

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis: Paruh Musim Bikin Tegang, Rossi Punya Peluang

MotoGP 2013: Bukan Marquez, Tapi Luca Yang Gantikan The Doctor

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang); Tak Mungkin Strategi Rossi – Lorenzo Mengalah..!

 

BAGIKAN