nhk

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang FP3): Marquez Bilang Gampang Setting Motor, Jagoan Koboi

 

 

ManiakMotor – Marc Marquez ini seperti koboi pendatang baru di Amerika, langsung jago tembak dar-der-dor. Pembalap Repsol Honda Team itu, cocok dengan karakter sirkuit Amerika yang sejak awal didesain ala negara koboi bikin motor dan pembalap seperti dilipat-lipat, agrasif. Laga di Austin  dia sikat dan lomba di Laguna Seca ia bage, itu bahasa Manado sama saja ia libas.

Sirkuit Indianapolis yang digunakan ronde 10 MotoGP 2013 dan free practice (FP) 1 dan 2 telah berlangsung Jumat 16 Agustus di sana, dua-duanya ia dor. MM – begitu Marc Marquez disingkat – hanya punya pengalaman dari Moto2 yang dua tahun terakhir dipentas di situ. “Motor gua enak sekali bro. Kondisi trek dari pagi ke sore  sangat mudah berubah ke lebih baik, perubahan setelan motor juga gampang,” cerita MM yang mirip dengan maniakmotor.com, kan MM.

 Marc memprediksi kondisinya dan trek saat FP3 yang disusul qualifying 2 kian mantap. Jalur makin bersih, serpihan karet bekas para kontestan sudah banyak yang nempel di racing line, grip ban pun bertambah, setelan suspensi juga mudah disesuaikan dengan penggunaan kompon ban. 

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Kemarin – padahal subuh di sini – MM menggunakan ban belakang yang lembut. Katanya traksinya selalu dapat. Ya iyalan, MM kan sebelum habis menikung motornya telah ditegakkan dan ia sendiri masih gelantungan. Itu yang bikin grip selalu tersedia buat MM. “Sedang ban depan, saya gonta-ganti, tapi sama saja,” jelas Marquez dengan senyum khas ala koboi pendatang baru pura-pura mengalah tapi sebenarnya pakar cabut piston, eh pistol dari pinggang.

Teman setimnya juga sudah pegang pistol, hehe. Siap duel, tapi masih melemaskan otot-otot bekas cidera. Itu dia Dani Pedrosa yang pegang juara di Indy 2010 dan ’12. “FP1 masih kurang nyaman dan kaku. FP2 sudah mulai bebas bergerak sesuai maunya motor, dan mulai bisa  mengontrol roda depan, wuih, tapi saya prediksi FP3 akan bisa normal,” yakin Pedrosa. 

Ia berharap, tulang dan otot alias body moving  telah rileks membawa motor pada chicane atau tikungan berbalasan yang bersahutan yang banyak menghiasi Indy. “Sekali lagi, saya yakin pada FP3 dan Q2 otot saya akan lebih enak pergerakkannya,” pungkas Pedrosa. 

Kedua pembalap Honda tersebut saat ini 1 – 2 di klasemen. Marc seorang rookie memimpin dengan 63 poin. Pedrosa di belakangnya tertinggal 16 poin. Tapi di Indy ini bukan pistol atau koboi senjatanya. Tetapi girboks SSG yang sudah matang digunakan pasukan Honda. Ditambah menikung kiri kesukaan Pedrosa dan model agresif buat MM. Tunggu saja FP3 nanti malam sampai subuh. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Indianapolis Amerika 2013, Semua Sesi & Kelas, 16 – 18 Agustus

MotoGP 2013 Indianapolis; Ribut SSG M1 Rossi-Lorenzo, ‘Nape’ Emang..?

MotoGP 2013 Indianapolis (FP2): Honda 1-3, Yamaha 4-6

MotoGP 2013 Indianapolis: Bilang M1 Lebih Baik, Rossi ‘Terpaksa’ Semangati Crutchlow ke Ducati

MotoGP 2013 Indianapolis FP1; Marquez Tercepat, Disusul Cal Dan Lorenzo..!

 

 

 

 

BAGIKAN