nhk

MotoGP 2013 Indianapolis Jelang FP3; Rossi Coba Dua Motor, Masih Understeering..!

ManiakMotor – Free practice (FP) 1 dan 2  dua pembapap Yamaha Factory Racing masih tercecer. Itu untuk ukuran pabrikan. Usut punya usut, huss bukan diusut tapi rilis yang dikirim ke meja redaksi portal ini, maksudnya email, Valentino Rossi masih coba-coba dengan dua M1-nya  dan Jorge Lorenzo menyesuaikan dengan cideranya.

Tentu saja cerita ini di sirkuit Indianapolis dalam rangka seri 10 MotoGP 2013. FP1 dan FP2 telah berlangsung 16 Agustus. Yang jadi tanya, Rossi menyetel dua motor. Katanya sih untuk perbandingan. “Kedua motor ini untuk perbandingan feeling pengereman masuk tikungan yang berbeda. Mana yang paling baik,” jelas The Doctor yang mungkin sepanjang karirnya jarang menggunakan dua motor untuk satu lintasan disetel bersamaan.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Ada sih satu, tapi cadangan. Itu pun format set-upnya menyesuaikan dengan motor utama yang telah jadi. Malah motor cadangan dianggap hanya jaga-jaga di saat poin krusial dan motor satunya tidak keburu diperbaiki, bila kenapa-kenapa. Sekarang, baru FP1 dan FP2 ia sudah menyetel persamaan atau perasaan mana motor yang paling oke secara bersamaan pula.

Wah, jangan-jangan masih meraba-raba seamless shif gearbox (SSG) yang dites di Brno untuk Indy. Itu hanya jangan-jangan katakan, bro, loh. “Tetap akan dipilih mana yang terbaik. Di FP3 nanti masih akan diperbaiki soal understeering. Tapi secara umum saya senang hasil FP1 dan 2,” tambah Rossi yang di FP1 hanya ke-5 dan FP2 ke-6. Tapi kan itu masih babak latihan brosist, tenang saja. Masih dilacak itu barang cocok nggak di Indy, aman nggak. Ah, nggak nyambung.

Tidak dijelaskan motor yang mana akan disetel ulang pada persoalan understeering. Understeering adalah gejala motor saat belok cenderung out dari jalur, itu lawan dari oversteering yang malah gampang belok. Itu terjadi di tiga tikungan yang tidak dijelaskan di corner cepat atau lambat, gejala motor seperti terdorong ke luar alias under tadi.

Sementara Lorenzo masih berkutat dengan pelemasan otot bekas cidera. Mirip alasan yang dikemukakan rekan senegaranya beda merek Dani Pedrosa. Mungkin ia belum pulih sepenuhnya? “Selangka saya sudah lebih baik, tapi belum 100%,” kata Mallorca yang di FP1 ke-3 dan FP2 ke-4 di belakang tiga Honda.

Lorenzo mengaku akan bekerja lebih keras di FP3 menyetel motornya. Sama dengan Rossi pada masalah pengereman di depan tikungan. “Jika rem ini bisa ditanggulangi, bisa memperdekat catatan waktu. Marjinnya kecil kok,” jelas Lorenzo yang pernah juara di sini pada 2009.

Kabar SSG gimana bro, cocok loh tuh barang di Indy? Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Indianapolis Amerika 2013, Semua Sesi & Kelas, 16 – 18 Agustus  

MotoGP 2013 Indianapolis; Ribut SSG M1 Rossi-Lorenzo, ‘Nape’ Emang..?

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang FP3): Marquez Bilang Gampang Setting Motor, Jagoan Koboi

MotoGP 2013 Indianapolis (FP2): Honda 1-3, Yamaha 4-6

MotoGP 2013 Indianapolis: Bilang M1 Lebih Baik, Rossi ‘Terpaksa’ Semangati Crutchlow ke Ducati

 

BAGIKAN