nhk

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang FP3): Sinyal Menyerang Lorenzo, Pakai Ilmu Cobra

ManiakMotor – Ini cerita ringan dari ronde 10 MotoGP di Indianapolis. Soal helm Jorge Lorenzo dengan motif kobra yang galak, mata melotot, dan siap menyerang. Mirip dengan karakter penggunanya.

Tak secara tegas dijabarkan juara dunia 2010 dan 2012 itu mengapa pakai motif kobra di Indy. Tapi, bisa jadi itu adalah pesan tersembunyi Lorenzo di sisa musim ini yang dimulai dari Indy. Posisinya terbilang rawan untuk meraih titel ketiga karena sudah tertinggal 26 angka dari Marc Marquez dan 10 poin dari Dani Pedrosa. Itu beda poin ndak bisa dibilang enteng Bro!

Satu-satunya cara Lorenzo untuk menjaga diri di jalur juara adalah menyerang dan menyerang. Ia harus bisa mencaplok Marquez dan Pedrosa di beberapa seri. Lebih cepat lebih baik, jika bisa terjadi di Indianapolis yang 16 tikungannya berkelok-kelok yang diawali kecepatan rendah dengan gigi rendah pula.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

“Saya memang juara di sini pada 2009. Tapi, kini situasinya sangat berbeda. Dalam dua sesi FP motor masih kesulitan, khususnya saat pengereman memasuki tikungan,” ujarnya setelah melibas dua sesi FP dengan urutan tercepat ketiga di bawah Marquez dan Pedrosa.

Dari dua sesi awal itu memang terlihat betapa M1 kesulitan melawan RC213V di tikungan. Lorenzo yakin pengembangan set up M1-nya harus dimulai dari sektor itu. M1 di FP3 nanti harus dibuat lebih lincah masuk dan keluar tikungan, bergerak cekatan seperti ‘ilmu ular kobra’ di kepalanya, menggigit seperti gigi ular itu seperti ,otif di sraug tangannya.

Tantangan terberat Lorenzo dan kru teknisnya saat ini adalah mengembangkan set up mumpuni untuk raceday nanti, terutama kelincahan di 16 tikungan Indy. Ia harus bergerak seliar dan seganas kobra dan terus menyerang tanpa harus mempedulikan sisa rasa sakit di bahu kirinya. Itu yang harus ia lakukan jika masih ngotot meraih gelar dunia ketiga musim ini. Mungkin itulah pesan filosofis yang ia usung dengan helm barunya. Mungkin lho! Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Indianapolis Amerika 2013, Semua Sesi & Kelas, 16 – 18 Agustus

MotoGP 2013 Indianapolis Jelang FP3; Rossi Coba Dua Motor, Masih Understeering..!

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang FP3): Marquez Bilang Gampang Setting Motor, Jagoan Koboi

MotoGP 2013 Indianapolis; Ribut SSG M1 Rossi-Lorenzo, ‘Nape’ Emang..?

BAGIKAN