nhk

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang): Posisi Rossi Dan Lorenzo Terpojok..?

 

ManiakMotor – Jujur saja, posisi Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi from Yamaha Factory racing (YFR) saat ini memang kurang enak di klasemen. Itu fakta separuh musim, keduanya hanya usai seri Qatar di atas angin. Lorenzo memimpin poin dan Rossi kedua, sesuai urutan di seri perdana itu. Seri dua, langsung terbalik sampai di Laguna Seca, Amrik, di ronde 9 tak pernah memimpin klasemen sementara.

Pertarungan rapat dari skill dan motor seimbang, tertinggal poin saat ini, itu bukan sedikit. Soal poin lihat di bawah tulisan ini, ada tuh. Hitung-hitungannya juga dari 9 seri lalu. Macam mana di Indianapolis, Amrik yang masih sirkuitnya Honda terutama dengan seamless shift geabox (SSG) mereka? Laga di sini telah mulai 16 Agustus waktu sana dan di sini 17 Agustus subuh dengan free practice 1 dan 2.

Indy adalah sirkuit teknikal yang banyak slow corner. Model tikungan menjadi titik lemah M1 dalam sembilan seri lalu.  Disusul seminggu kemudian di Brno yang sekarakter dengan Indy, tapi mendingan  searah jarum jam. “Lomba sejak Indy tiga minggu berturut, sedikit berat. Saya hanya berusaha menambah poin,” jawab Lorenzo yang dalam rilisnya mengaku belum pulih total dari cidera, tapi mendingan dari pada Laguna.    

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Rossi-Lorenzo baru lega di sirkuit cepat Silverstone, tetapi ini pun Honda masih bisa melakukan perlawanan merawat poin mereka. Sosialnya dua Honda dikebut Marc Marquez dan Dani Pedrosa bisa masuk 4 besar sesuai susunan fantastic four.  “Tenang saja coy, lomba belum berlangsung. Semua tantangan ke depan siap dihadapi,” kata Rossi jelang seri Indy.  

Terutama Lorenzo susunan poinnya berantakan saat cilaka di Assen. Disusul lagi di Sachsenring yang membuatnya absen. Di Assen ia masih bisa tampil heroik  menjaga selisih poin dengan Dani Pedrosa dari Repsol Honda Team. Poin Pedrosa bisa ditempel, lantaran Pedrosa juga cidera di Jerman. Malah  teman setim Pedrosa alias Marc Marquez dapat  poin penuh di dua seri lalu.  Tidak main-main, se-Pedrosanya sendiri dilewati.

Bukannya mengajari burung terbang. Mestinya tugas The Doctor membendung Marc dapat pundi utuh. Toh, tidak terjadi, kan Rossi sibuk dengan set-up pacuannya. You tahu sendirilah, Rossi bukan seperti pertama kali ke Yamaha pada 2004 yang menyetel motornya sembari balap dan juara. Ia datang ke-dua kali setelah menderita di Ducati pakai M1 1.000 cc yang dibagun Lorenzo dan Ben Spies. Rossi  butuh waktu mendapati motornya sesuai style-nya yang kian berumur.

Das, di Indianapolis dituntut determinasi yang tinggi dari Lorenzo dan Rossi. Indianapolis yang disebut tadi banyak pakai gigi rendah sama dengan motor jadi pelan. Dalam pelan stamina joki yang dibutuhkan mengimbangi gerakkan motor. Di sisi lain Lorenzo mengaku belum pulih total dan Rossi? Ya Rossi masih berpeluang dengan rutinnya doski olah fisik dengan motocross yang  dilakukannya rutin di istirahat paruh musim.

Di sisi lain lagi, wah di sisi lain melulu, maksudnya dengan sisi yang berbeda sirkuit macam Indy dan seminggu kemudian Brno dan nanti lagi di Motegi adalah sirkuit SSG. “Test privat kami lakukan di Brno punya hasil set-up menjanjikank. Kedua pembalap kami senang dengan hasilnya, kok. Tahun-tahun sebelumnya kami tersiksa di Indy. Saya rasa lain kali ini,” jelas  Direktur YFR, Massimo Meregalli yang berbeda pernyataannya dengan manajer tim Wilco Zeelenberg soal hasil test mereka 6 – 7 Agustus lalu dan menghadapi Indy.

Jangan-jangan itu SSG, nah itu pula obatnya mempersempit poin.  Ito 

BACA JUGA

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang): Rossi Bilang SSG M1 Enak Akselerasinya, Di Jumpa Pers

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang): Target Unik Dek Marquez, Bisa Kejar Rossi

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis: Pedrosa – Lorenzo ‘Pura-Pura Belum’ Pulih.?

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis: Mesin Tersiksa 28 Laps, SSG Yamaha Paling Dinanti

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis: Marquez Jual, Rossi Beli..!

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis; Rossi Terima Tantangan, Yamaha Belum Terus Terang SSG

MotoGP World Standing 2013PDF

Pos.RiderBikeNationPoints
1Marc MARQUEZHondaSPA163
2Dani PEDROSAHondaSPA147
3Jorge LORENZOYamahaSPA137
4Valentino ROSSIYamahaITA117
5Cal CRUTCHLOWYamahaGBR116
6Stefan BRADLHondaGER84
7Andrea DOVIZIOSODucatiITA81
8Alvaro BAUTISTAHondaSPA71
9Nicky HAYDENDucatiUSA65
10Aleix ESPARGAROARTSPA52
11Bradley SMITHYamahaGBR51
12Michele PIRRODucatiITA36
13Andrea IANNONEDucatiITA24
14Hector BARBERAFTRSPA24
15Randy DE PUNIETARTFRA19
16Danilo PETRUCCIIoda-SuterITA18
17Colin EDWARDSFTR KawasakiUSA17
18Ben SPIESDucatiUSA9
19Yonny HERNANDEZARTCOL7
20Alex DE ANGELISDucatiRSM5
21Claudio CORTIFTR KawasakiITA5
22Karel ABRAHAMARTCZE5
23Michael LAVERTYPBMGBR3
24Bryan STARINGFTR HondaAUS2
25Hiroshi AOYAMAFTRJPN1
26Javier DEL AMORFTRSPA1

BAGIKAN