nhk

MotoGP 2013 Indianapolis Jelang Race: Chicane Marquez, ‘Siksaan’ Buat Rossi..!

ManiakMotor – Ada kelebihan Valentino Rossi yang jujur saja hilang di sirkuit yang butuh kekayaan gerakkan seperti Indianapolis, Amrik. Sirkuit agresif maksudnya. Ada tiga tikungan chicane dan salah satunya jaraknya agak berjauh tapi nyambung. Yakni R7 sampai R9 yang benar-benar butuh gerakkan sekaligus merawat kecepatan motor.

Dulu macam begitu santapan empuk The Doctor. Tapi dari empat free practice sampai qualifying 2, Rossi kerepotan di area tersebut. Justru nikmat buat Marc Marquez from Repsol Honda Team. Marc luwes melenggang dan motornya mulus di semua chicane. “Ini sirkuit saya kenal dari Moto2. Motor juga bagus, ban oke, pokoknya saya siap tarung,” jelas Marquez dalam jumpa pers juara kualifikasi pada Sabtu, 17 Agustus sore di Amerika dan di Indonesia sudah 18 Agustus.

Sedang Rossi paling tidak sampai Q2 belum bisa berbuat banyak. Dan dari 10 seri, inilah grid terburuk Rossi, ke-9. Juga dari empat FP hanya bermain 5 – 7. Rossi seperti diberitakan kemarin di FP1 dan 2 seperti ragu sehingga harus menyetel dua pacuan sekaligus dan kendalanya understeering, momok di chicane. Tadinya kecurigaan ada apa dengan dua motor, SSG kah? Tapi melihat hasil sampai QTT, ya begitu.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Tarian Indianapolis yang melenggang kangkung untuk melipat-lipat raga dan motor di tikungan bersahutan alias berbalasan atau chicane. Jenis tikungan ini bukan ayam goreng, hehe. Kalau itu chiken. Ini bentuknya seperti kris.  Jenis tikungan yang gesit mengungkit  motor yang rebahnya sebentar, tapi kudu secepatnya ditegakkan dan direbahkan ulang lagi. Nah itu kelebihan Marquez saat ini, namun sampai Q2 bikin  Rossi agak ‘tersiksa’, karena sirkui tidak mengalir terhambat chicane.  

Tidaklah heran, Marquez bisa pecahkan rekor best lap sirkuit yang tadinya 1 menit 38.813 detik atas nama Dani Pedrosa yang diubah Marc jadi 1 menit 37.958 detik, nyaris 1 detik dengan status seorang rookie.  Dua kakaknya dari Spanyol, Jorge Lorenzo (Yamaha) dan Dani Pedrosa (Honda) juga ikut memecahkan rekor, namun masih bermain 38 detik. Bahkan Cal Crtuchlow juga melibasnya. Silakan lihat RESULTS.

Tapi ini masih Q2, belum raceday. Sebab, abang-abang senegara Marrquez yang jelang Indy masih menyuarakan belum 100 persen pulih dari cidera, tiba-tiba menguntitnya saat Q2. Pedrosa ke-3 dan Lorenzo ke-2. “Saya terkejut dan secepat Q2 ini. Padahal saya sempat melakukan kesalahan di lap membuat saya di grid ke-2,” jelas Lorenzo sembari berterima kasih pada timnya yang bisa menset-up M1 sampai dia sendiri kaget. Wah macam mana kalau nggak salah ya?

Jangan-jangan itulah SSG. Punya Rossi macam mana? Tunggu saja lomba nanti, sebab di Q2 ini Rossi sepertinya ada masalah atau salah strategi. Masak iya, tinggal 5 menit lagi usai Q2 baru ganti ban. Idealnya dan seperti semua kontestan lakukan masuk pit line 7-8 menit waktu sisa untuk ban kedua dari 15 menit jatah Q2. Kira-kira begitu, kalimat sudah mulai nggak nyambung sudah subuh, lihat saja jam up-load berita ini, hehe. Ito  

BACA JUGA

Hasil MotoGP Indianapolis Amerika 2013, Semua Sesi & Kelas, 16 – 18 Agustus

MotoGP 2013 Indianapolis (Q2): Marquez Pole Sitter Plus Rekor, Lorenzo Mendekat, Rossi Makin Jauh

MotoGP Indianapolis (FP4): Sadisnya Marquez, Borong Habis Sesi FP

MotoGP 2013 Indianapolis: Apesnya Spies, Baru Sembuh dan Terkapar Lagi

MotoGP 2013 Indianapolis (FP3): Agresif Sejak Awal, Yamaha Gagal Bendung Honda

BAGIKAN