nhk

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang Race): Kobranya Lorenzo Mulai Menyengat, Siap Tarung Jadi Juara

ManiakMotor – Dengan helm barunya bermotif kobra, M1 Jorge Lorenzo mulai menyengat pada sesi Q2. Meski kalah setengah detik dari Marc Marquez, sang kobra siap mematuk-matuk untu berebut gelar juara.

“Sangat jelas karakter Indy kurang menguntungkan kami. Tertinggal setengah detik dari tercepat bukanlah hal buruk karena saya akan memulai lomba dari grid depan. Honda sangat kuat di sini. Kita tak tahu akan seberapa bagus mereka dalam balapan sesungguhnya. Namun, melihat performa terakhir di Q2, saya rasa bisa bisa memberi perlawanan pada Marc atau bahkan bertarung berebut nomor satu,” tantang Lorenzo. Wah ada isinya tuh. 

Dengar saja omongan Lorenzo yang sepanjang sesi katanya terus mencari set-up terbaru dan adat perubahan M1-nya di sesi Q2. Itu langsung memengaruhi kecepatannya keluar masuk tikungan, poin kelemahan M1 sepanjang sesi latihan yang juga dialami Valentino Rossi. Ia tak sebut detil perubahan tknis seperti apa, tapi sepertinya berkiatan dengan kinerja suspensi. Girboks?

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Dari analisa speed di Q2, memang terlihat jelas kalau performa juara dunia bertahan itu membaik di 16 tikungan Indy. Ia bisa pertajam waktu di sektor itu sekaligus mendekati pacuan RC213V milik Marquez. Dari empat sector tikungan, Lorenzo kalah tipis dari Marquez di tiga sector namun unggul di salah satu sector lainnya. Di treklurus pun ada peningkatan karena M1-nya kini bisa capai top speed 332,2 km/jam. Bandingkan dengan Marquez yang 335,5 km/jam. Top speed itu dibuat Marquez jstru pada saat ia memetik waktu 1:38,439 di lap ke-3. Bukan pada saat ia bikin rekor fastest time 1:37,958 pada lap ke-6 dari 8 putaran. Saat itu top speed-nya hanya 334,7 km/jam.

Dari 8 laps, Lorenzo pakai 5 laps di antaranya untuk membuat waktu tercepat alias gas sepol-polnya. Dalam lima lasp itu ia cetak kisaran waktu pada 1 menit 38-an detik sebanyak 4 kali dan sekali dengan 1:39 koma kecil. Artinya, laju M1 sudah mulai konstan di Indy. Konsistensi itulah yang akan jadi kunci dalam balapan nanti. Asalkan dapat ban yang kinerjanya bisa diandalkan sepanjang lomba, sangat besar kemungkinan Lorenzo berasing dengan Marquez ke garis finish. Memang bukan hal mudah karena Marquez pun tidak kalah konsisten.

Ternyata hanya gara-gara helm cobra, bukan SSG, hehe. Andro

 

Berita Terkait

Hasil MotoGP Indianapolis Amerika 2013, Semua Sesi & Kelas, 16 – 18 Agustus

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang Race): Rossi Pusing di Tikungan, Terburuk di M1

MotoGP 2013 Indianapolis Jelang Race: Chicane Marquez, ‘Siksaan’ Buat Rossi..!

MotoGP 2013 Indianapolis (Q2): Marquez Pole Sitter Plus Rekor, Lorenzo Mendekat, Rossi Makin Jauh

BAGIKAN