nhk

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang Race): Rossi Pusing di Tikungan, Terburuk di M1

ManiakMotor – The Doctor babak belur di Indianapolis. Dari 4 Yamaha YFR-M1, ia terburuk di sesi kualifikasi dengan P9 atau grid ke-9 di sirkuit Indianapolis, Amerika, dalam race 18 Agustus nanti malam, subuh di sini. Masihkah layak bidik podium?

Dulu Brosist, ya dulu kala muda seperti ane, Valentino Rossi adalah jagonya di tikungan. Mau tikungan lambat maupun cepat, di gigi rendah maupun tinggi.  Tapi, di 16 tikungan trek Indianapolis musim ini, gig-gigi The Doctor seperti rontok. Tak berkutik sejak sesi FP. Saat Q2 lebih parah, hanya sanggup mencapai posisi 9.

Itulah QTT terburuknya sejak kembali ke pangkuan mamah alias Yamaha. “Trek ini memang parah, tersulit buatku. Banyak betul problemnya, khusunya saat pengereman memasuki tikungan. Sepanjang sesi FP, kami kerja keras dan melakukan apa saja tapi ternyata tak cukup. Saya kehilangan feeling dan bikin beberapa kesalahan. Pusing dah,” keluh The Doctor yang sejak FP1 memang ‘menikmati’ understeering pada M1-nya alia motor tak mau cepat belok tapi cenderung keluar jalur.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Sebenarnya Rossi sempat meningkatkan waktu tempuh di bagian kedua dari 15 menit sesi Q2. Ia mentok di 1:40,315 di paro waktu. Setelah masuk pit dan gati ban segar, doski pun bisa menembus 1:39,356. Ironisnya, saat sama yang lain juga menigkatkan waktu sehingga The Doctor tetap ke-9.

“Benar-benar buruk hari ini, dan sepertinya balapan besok pun akan sangat sulit. Kini kami harus menentukan pilihan ban belakang dan set-up untuk balapan,” tambah Rossi yang masih pusing untuk pilhan ban lembut ataupun keras. Pasalnya, dua-duanya tak cukup ampuh membantunya menyusuri tikungan-tikungan yang tiga di antaranya chicane atau tikungan berbalasan, jelas di gigi rebdah.

Sebagai The Doctor, hasil itu tentu tak membuat semangatnya kendur habis. Masih tersisa sedikit optimisme andai bisa mendapat perbaikan set-up di sesi warm-up.  “Memang tak ideal start dari urutan 9. Tapi, saya harus berusaha start dan melakukan aksi yang bagus untuk menyodok beberapa posisi ke depan,” tandasnya.

Artinya, untuk sekarang ini Rossi merasa kurang layak melirik posisi podium. Bisa masuk 5 Besar pun mungkin perlu perjuangan, terlebih hebatnya 4 RC213V di trek. Itu fakta yang harus dihadapinya kini. Kalau dulu mah di zaman jayanya, biarpun start dari posisi ke-17 tak ada keraguan untuk meunggulkannya podium bahkan juara. Sekarang beda Bro, sudah 34 tahun. Tapi mudah-mudahan masih bisa beli tantangan Marquez. Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Indianapolis Amerika 2013, Semua Sesi & Kelas, 16 – 18 Agustus

MotoGP 2013 Indianapolis Jelang Race: Chicane Marquez, ‘Siksaan’ Buat Rossi..!

MotoGP 2013 Indianapolis (Q2): Marquez Pole Sitter Plus Rekor, Lorenzo Mendekat, Rossi Makin Jauh

MotoGP Indianapolis (FP4): Sadisnya Marquez, Borong Habis Sesi FP

BAGIKAN