nhk

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang): Rossi Bilang SSG M1 Enak Akselerasinya, Di Jumpa Pers

ManiakMotor – Pancingan wartawan dalam jumpa pers rutin menghadapi ronde 10 MotoGP 2013 di Indianapolis, Amrik, kena juga, walau nggak telak. Temu wartawan bersama pembalap MotoGP ini berlangsung 15 Agustus di Amerika sana. Seorang Valentino Rossi yang jujur, sikit membeber pengalamannya dalam pengetesan seamless shift gearbox (SSG).

Bagi Rossi testing yang berlangsung 6 – 7 Agustus di Brno, Ceko tersebut soal mesin tidak banyak berubah. Ya memang, lha wong yang diuji girboks. Macam mana tuh wartawan bertanya. Mesin ya mesin, girboks ya girboks, tapi berkaitan. “Setelah coba berbagai perbandingan, saya merasa peningkatannya besar pakai SSG. Itu dicoba melakukan test 20 atau 30 lap, M1 saya lebih mudah dihendling,” jelas Rossi dalam jumpa pers tersebut.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Lanjutnya, “M1 lebih stabil dan meyakinkan dalam akselerasi!” Ya mungkin maksudnya Rossi motor tidak memberi gejala wheelie, walau gas diberi lebih besar. Umpan-umpan percepatan juga tidak tersentak, kan seamless alias perpindahan yang mulus khas SSG seperti Honda RC213V, misalnya. Tenaganya terus berlangsung dan abis pindah gigi, power  tidak datang serentak karena saling tersambung atau jadi satu kesatuan. Beda dengan non SSG, tenaga bisa datang mendadak  setelah tertunda akibat jeda pindah gigi. Kira-kira begitu brosist.

Bahkan menurut Rossi pengereman juga terpengaruh oleh peranti ini. Dorongan saat turun gigi diiringi deselerasi jadi halus, rem pun berlangsung tertib. Dengan begitu tekanan pada ban atau tingkat stress kompon juga berkurangi. Pokoknya dalam cerita Rossi itu SSG yang mereka coba banyak manfaatnya.

Maklumlah, prinsip dasar SSG bekerja, sesama gigi rasio saling tersambung. Sepatu atau drum pengungkit rasio untuk melepas pada gigi yang sedang aktif, tanpa memutus gigi bersangkutan berputar. Hebatnya, gigi selanjutnya menerima tanpa harus menunda/memutus proses pengapian seperti  konvensional quick shifter. Ya, macam gigi otomatis dong. Itu yang dimaksud tanpa jeda dan sudah dijelaslkan berulang-ulang di portal ini. 

“Dengan semua kombinasi ini lebih mudah mengebut sampai batas maksimal. Saya tidak mudah bikin salah. Fantastis! Tapi saya tidak tahu kapan akan bisa menggunakannya. Tapi saya dan Jorge (Lorenzo) mendorong segera, karena hasilnya sangat baik,” kata Rossi yang di sampingnya ada Lorenzo saat jumpa pers, namun Lorenzo manggut-manggut setuju saja omongan Rossi soal SSG. JL lebih banyak certa cideranya.

Walah, walah, Rossi belum tahun nih kapan barang itu digunakan dalam posisi Rossi dan Lorenzo yang terpojok dalam klasemen paruh musim. Apalagi di Indianapolis peranti ini sangat dibutuhkan. Lomba di Indy juga hanya 28 lap, sementara menurut pengakuan Rossi test di Brno berlangsung 30 lap, berarti itu barang aman. “Tahun-tahun sebelumnya kami tersiksa di Indy. Saya rasa, berbeda kali ini,” jelas  Direktur YFR, Massimo Meregalli dari tempat berbeda.

Makin misterius SSG di Indy. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2013 Hasil Test SSG M1 Brno; Kata Rossi Sangat Tegang Sekali..!

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang): Posisi Rossi Dan Lorenzo Terpojok..?

MotoGP 2013 (Tes Brno): Meningkat 143% M1 Rossi–Lorenzo Pakai SSG, Rekaman Video

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang): Target Unik Dek Marquez, Bisa Kejar Rossi

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis: Pedrosa – Lorenzo ‘Pura-Pura Belum’ Pulih.?

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis: Mesin Tersiksa 28 Laps, SSG Yamaha Paling Dinanti

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis: Marquez Jual, Rossi Beli..!

 


BAGIKAN