nhk

MotoGP 2013 Indianapolis (Race); Sirkuit Di Amerika Dibikin Buat Marquez..!

ManiakMotor – Sirkuit di Amerika seperti didesain untuk gaya Marc Marquez, puncaknya di Indianapolis ini. Ia begitu luwes bermain saat race ronde 10 MotoGP, Minggu, 18 Agustus di Amerika dan di sini sudah jam 1 dini hari. Tidak peduli gayanya banyak gelantungan di atas jok, tapi bisa berlari dengan jitu di 16 tikungan Indy yang 10 ke kiri dan 6 ke kanan.   

Entalah pendesain sirkuit Indy yang dasarnya oval, lalu dilay-out meliuk-liuk jadi sirkuit seperti sekarang pada 2007, pernah membayangkan gaya Marquez membalap. Bahwa konstruksi desain  handycap rancangannya pas dengan style Marquez. Apalagi ini kompetisi menunggang motor tercepat sejagat raya dan khususnya di Indy ini. MotoGP, gettu loh.

Menurut Marquez sendiri desain sirkuit ini memang ia sukai sejak di Moto2 yang membuatnya juara 2 kali berturut sebelum ke MotoGP. “Dengan motor MotoGP sekarang saya merasa semuanya oke. Ban juga sip,” jelas Marquez usai ia memenangi qualifying 2 dan sekaligus pecahkan rekor Indy dengan telak yang sebelumnya dipegang ‘abangnya’ Dani Pedrosa yang setim dengannya.  

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Perhatikan di tiga chicane Indy. Pembalap lain yang motornya repot bolak-balik sembari dihalus-haluskan membawanya, Marquez justru tubuhnya yang repot bergerak dan motornya tetap di jalur. Amati juga dia menyalip Jorge Lorenzo diawali menempelkan motor saat masih miring ke kiri, tiba di tikung kanan dia sudah di bagian dalam. Lalu perhatikan dia ingin meninggalkan Lorenzo di lap 17 di tikungan cepat. Motornya berlari seperti motocross. Orang bilang sih teknik slide.

Kini Marquez bisa tersenyum seperti senyum khasnya. Ia sudah bisa menyamai prestasi Kenny Roberts Sr. Abah Kenny pada tahun ‘78 seorang rookie yang menang 4 kali berturut. “Saya start kurang bagus, tapi terus menempel Dani (Pedrosa) dan Jorge (Lorenzo). Saya bisa menekan keduanya dan melewatinya. Saya memang ceria kalau tampil di Amerika, tapi saya inginnya menang di semua srikuit setiap saya tampil,” jelas Marquez dalam jumpa pers pemenang.  

Dan kembali ke pendesain sirkuit, mereka baru sadar melihat jurus  Marquez melumat sirkuit bikinannya. Bahwa seperti itu maksud mereka bikin desain seperti Indianapolis, sebelumnya di Laguna Seca dan sebelumnya lagi di Austin yang karakternya hampir seragam ala Amerika dan semuanya dimenangi Marquez yang rookie tahun ini. Belum dilacak siapa saja pendesain tiga sirkuit yang dikangkangi Marquez di negara Barack Obama ini. Kecuali Austin yang dibikin Herman Tilke, itu kalau tidak salah namanya. Sudah buru-buru mau up-load, udah pagi. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Indianapolis Amerika 2013, Semua Sesi & Kelas, 16 – 18 Agustus

Klasemen MotoGP 2013, Moto2 2013, Moto3 2013

MotoGP 2013 Indianapolis (Race): Puncaknya Marquez, Rossi Pun Menghibur

MotoGP 2013 Indianapolis Warm-Up; Marquez Tercepat, 6 Sesi Ia Raup

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang Race): Marquez Mulai Lantang, Bukan Lagi Belajar Tapi Menghajar

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang Race): Rossi Pusing di Tikungan, Terburuk di M1

 

BAGIKAN