nhk

MotoGP 2013 Indianapolis; Ribut SSG M1 Rossi-Lorenzo, ‘Nape’ Emang..?

 

ManiakMotor – Yamaha M1 itu sebenarnya sudah ketinggalan 2 tahun setengah penggunaan seamless shift gerbox (SSG) dari Honda. Tapi saat mereka mulai menggunakannya langsung disambut di mana-mana. Masing-masing ingin tahu keberhasilannya dan kapan digunakannya.

Ada dua alasan yang mengemuka dan dikemukankan sendiri portal ini. Pertama, di Yamaha ada idola MotoGP dunia yang penggemarnya masih menyemut di seantero. Itu dia Valentino Rossi alias The Doctor. Kedua, ada ada hubungan dengan Rossi tapi melingkupi publik  meriahnya balapan prototipe.

Bahkan Rossi yang akhirnya menjawab keberadaan SSG usai ditest di Brno, Ceko, 6 – 7 Agustus lalu di saat Yamaha Factory Racing Team diam. Rossi pun sampai mengulang-ngulang ketidak pengetahuannya kapan digunakan. “Saya tidak tahu, kapan. Yang pasti saya dan Jorge (Lorenzo) suka dengan peranti tersebut. Sekali lagi, saya tidak tahu kapan digunakan,” jelas Rossi.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Pertanyaan wartawan bertubi-tubi ini adalah refresentatif media masing-masing di olahraga MotoGP. Mereka wakil pembaca atau masyarakat menyangkut kelangsungan SSG M1. Kasarnya, kalau di on-line bila menulis Rossi hitsnya tinggi. Jika di cetak oplahnya naik dan MotoGP tetap meriah.

Bila Rossi sering juara pakai alat ini, makin tinggi hits dan oplah. Woro-woro dia akan menggunakan alat ini saja, sudah pada ribut. Ya lantaran sosok Rossi yang akan diprediksi masih bisa berbuat sesuatu dengan SSG. Sama dengan dirinya ketika di Ducati ganti ini dan itu, tapi nggak ketemu-ketemu. Di mana pun Rossi, ada isu baru, di situ rame. “Ia sosok yang masih berpengaruh di MotoGP saat ini,” kata Lin Jarvis, petinggi YFR. Nah dia sendiri tahu, hehe, memang tahu dia.

Alasan kedua singkat saja, kepanjangan tak enak dibaca, soalnya ini on-line, bukan novel. Melihat giboks canggih Honda yang produktif di sirkuit yang banyak perubahan gigi rendah ke tinggi dengan tenang, pemuja MotoGP berharap Yamaha bisa melakukan hal sama. Ujungnya, MotoGP masih tetap imbang. Bila imbang kan enak ditonton. Kan  balapan yang memikat tidak ketahuan duluan siapa pemenang. Kecuali MotoGP punya sosok seperti Rossi, ya lain cerita.

Apalagi separuh musim ini Rossi dan Lorenzo dalam keadaan ‘kejepit’ di kalsemen. Ditambah lagi dengan dua sirkuit beruntun Indianapolis ini dan Brno adalah sirkuit yang dikenal butuh teknologi itu, ya makin berisik. Harapannya perlawanan Rossi – Lorenzo tetap ada dengan barang ini, ya hasilnya MotoGP yang dinamis yang manis.

Di sisi lain, tidak jelas kapan digunakan dan bagaimana hasilnya. Ya makin heboh. Pasti YFR tahu siatuasi ini, semakin didiamkan makin penasaran. Yang untung Yamaha karena sering diketik dan disebut di mana-mana. Lagian di dalam hati para YFR, ‘nape emang’ pakai SSG? Kok situ yang ribut.  Ito

BACA JUGA

MotoGP 2013 Indianapolis: Bilang M1 Lebih Baik, Rossi ‘Terpaksa’ Semangati Crutchlow ke Ducati

MotoGP 2013 Indianapolis FP1; Marquez Tercepat, Disusul Cal Dan Lorenzo..!

MotoGP 2013 Indianapolis; Ben Spies Malah Ikut Drag Bike

MotoGP Indianapolis 2013; Marquez Dipancing, Pedrosa-Lorenzo Tidak Terpancing.!

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang): Posisi Rossi Dan Lorenzo Terpojok..?

 

BAGIKAN